sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Selasa, 04 Jun 2024 16:47 WIB

Intel : Era inovasi AI terus berkembang

Dalam acara keynote pada ajang COMPUTEX 2024, CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan bahwa AI akan terus berinovasi.

Intel : Era inovasi AI terus berkembang

Hari ini di Computex, Intel mengumumkan teknologi dan arsitektur terbaru yang dirancang untuk mempercepat ekosistem kecerdasan buatan (AI) dari pusat data hingga perangkat PC. Dengan daya pemrosesan yang lebih kuat, efisiensi energi yang luar biasa, dan biaya total kepemilikan yang rendah, pelanggan sekarang dapat memanfaatkan potensi sistem AI secara penuh.

CEO Intel, Pat Gelsinger, menyatakan bahwa AI sedang menghadirkan salah satu era inovasi terbesar dalam industri. Intel, sebagai perusahaan yang berinovasi di seluruh spektrum pasar AI, mencakup manufaktur semikonduktor hingga PC, jaringan, edge, dan sistem pusat data.

Platform terbaru seperti Xeon, Gaudi, dan Core Ultra, bersama dengan ekosistem hardware dan software Intel, memberikan solusi yang fleksibel, aman, berkelanjutan, dan hemat biaya untuk memaksimalkan peluang di masa depan.

Pada acara Computex, Gelsinger menyoroti manfaat standar terbuka dan ekosistem kuat Intel dalam mempercepat pengembangan AI. Intel telah merevolusi inovasi AI dengan cepat, termasuk meluncurkan prosesor Xeon generasi terbaru, memberikan pra-tinjau akselerator AI Gaudi, dan memperkenalkan sistem inferensi AI generatif (GenAI) yang hemat biaya dan berkinerja tinggi.

Selain itu, Intel memimpin dalam era AI PC dengan prosesor Intel Core Ultra yang telah digunakan di lebih dari 8 juta perangkat. Arsitektur klien yang akan datang juga dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini.

Dalam konteks memodernisasi pusat data untuk AI, prosesor Intel Xeon 6 (dengan kode nama Sierra Forest) menawarkan performa dan efisiensi daya yang luar biasa. Dengan densitas core tinggi, prosesor ini cocok untuk beban kerja yang membutuhkan performa tinggi dan berskala besar, termasuk aplikasi cloud native, content delivery network, dan layanan digital konsumen.

Dengan Xeon 6, pelanggan dapat menghemat biaya daya dan ruang rak, membebaskan kapasitas komputasi untuk proyek AI yang inovatif. Semua ini menunjukkan bagaimana Intel terus mempercepat inovasi AI dan berkontribusi pada perkembangan industri secara keseluruhan.

Intel sedang membuat gelombang besar di dunia AI dengan akselerator AI Gaudi mereka yang super canggih. Bayangkan memiliki kekuatan AI yang bisa membuat hal-hal seperti bahasa dan gambar dengan biaya yang jauh lebih murah. Nah, itulah yang ditawarkan oleh Intel Gaudi. Ini seperti memiliki mesin super yang bisa belajar dan berpikir cepat, tapi tanpa menguras kantong.

Intel Xeon, yang merupakan otak komputer, bekerja sama dengan Gaudi untuk membuat AI yang kuat dan efisien. Mereka seperti pasangan superhero untuk AI, memberikan kekuatan super dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya, satu set lengkap dari 8 akselerator Gaudi bisa didapat dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya.

Gaudi 3, versi terbaru mereka, akan membuat pelatihan AI dan pengambilan keputusan (yang disebut inferensi) jauh lebih cepat. Bayangkan bisa melatih AI dalam waktu yang lebih singkat dari biasanya, dan itu juga dengan kecepatan yang lebih tinggi. Intel juga bekerja sama dengan banyak perusahaan besar seperti Asus dan Foxconn untuk membuat teknologi ini tersedia bagi semua orang.

Di sisi lain, Intel juga sedang mengubah cara kita menggunakan laptop dengan teknologi AI baru mereka. Mereka telah memasang teknologi ini di banyak tempat dan telah mengirimkan jutaan CPU ke seluruh dunia. Sekarang, mereka sedang fokus pada membuat laptop yang tidak hanya cepat dan ringan tapi juga pintar, bisa belajar dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan kita.

Menurut prediksi, hampir semua laptop akan menggunakan AI pada tahun 2028. Intel tidak mau ketinggalan dan sudah membuat platform yang akan mendukung lebih dari 100 perusahaan software, 300 fitur, dan 500 model AI. Mereka bahkan sudah memberikan bocoran tentang prosesor baru mereka, Lunar Lake, yang akan membuat laptop kita 40% lebih hemat energi dan 3 kali lebih pintar dalam hal AI.

Kita bisa mengharapkan prosesor ini muncul di pasaran sekitar akhir tahun 2024, tepat saat orang-orang mulai berbelanja untuk liburan. Jadi, intinya, Intel sedang membawa AI ke level berikutnya, baik di pusat data maupun di laptop kita, membuat semuanya lebih cepat, lebih pintar, dan lebih hemat biaya.

Intel sudah jauh melangkah di dunia AI PC, mengirimkan lebih banyak prosesor AI PC daripada pesaingnya di awal tahun 2024. Prosesor Lunar Lake mereka siap untuk digunakan dalam lebih dari 80 jenis laptop yang berbeda dari 20 pembuat peralatan asli (OEM). Mereka berencana untuk mengirimkan lebih dari 40 juta prosesor Core Ultra ke pasar dalam tahun ini.

Mengikuti kata-kata Gordon Moore, “Apa pun yang telah dilakukan, bisa dilakukan lebih baik lagi”, Intel terus berinovasi dan memimpin dalam kemajuan teknologi. Dengan jaringan global mereka yang mencakup klien, edge, pusat data, dan cloud, serta ekosistem yang kuat dan solusi yang efisien, Intel tidak hanya mendukung AI di mana saja, tetapi juga membentuk masa depannya.

Pengumuman hari ini bukan sekadar tentang kemajuan teknologi, tetapi juga sebuah ajakan bagi pelanggan dan mitra untuk memanfaatkan peluang baru dan menjadi pelopor inovasi mereka sendiri.

Share
×
tekid
back to top