Intel bakal perkenalkan Cascade Lake April mendatang

Menurut bocoran terbaru, Intel akan meluncurkan prosesor Cascade Lake prosumer pada April, prosesor mainstream saat Computex.

Intel bakal perkenalkan Cascade Lake April mendatang Cascade Lake (Intel)

Kabar mengenai peluncuran prosesor terbaru milik Intel, yakni Cascade Lake kembali mencuat. Kali ini, seorang yang merupakan anggota Chiphell, sebuah kelompok pembocor informasi kenamaan mengaku memiliki informasi mengenai kapan prosesor tersebut akan diluncurkan.

Dalam bocorannya, mereka mengklaim bahwa Intel akan merilis serangkaian prosesor Cascade Lake bulan depan, alias April mendatang. Hal ini sangat masuk akal, mengingat AMD sudah bersiap untuk meluncurkan Ryzen seri 3000, yang akan hadir pada Juni mendatang.


BACA JUGA

Intel umumkan roadmap produk, Ice Lake meluncur Juni 2019

Semakin merugi, Intel jual bisnis modem smartphone

Intel menyerah produksi modem 5G untuk perangkat smartphone


Wccftech (12/3/2019) mengatakan, Intel akan meluncurkan prosesor LGA 3647 bulan depan. Kemudian, mereka akan meluncurkan prosesor LGA 2066 yang sudah dipersiapkan untuk tampil di Computex.

Diketahui, Cascade Lake-X adalah penerus Kaby Lake-X. Sayang, prosesor ini masih akan menggunakan teknologi fabrikasi 14nm ++, yang sebenarnya sudah merupakan arsitektur lawas. Hal yang spesial, mereka akan membuat prosesor ini dapat berjalan di clock 5GHz.

Bagi kalian yang bingung dengan perbedaan soket, izinkan saya untuk sedikit menjelaskannya. Prosesor Skylake saat ini dibagi menjadi dua bagian utama, yakni seri LGA 2066 yang merupakan varian ‘mainstream’.

Prosesor tersebut termasuk bagian-bagian Skylake-X hingga flagship Core i9-9980XE yang memiliki total 18 core dan 36 thread. 

Lalu, ada juga seri prosumer atau ultra-HEDT. Prosesor yang termasuk dalam seri ini seperti seri prosesor W-3175X yang didasarkan pada seri LGA 3647. Prosesor ini memiliki total inti prosesor hingga 28 core.

Saat ini, diketahui prosesor Cascade Lake yang baru akan memiliki total 48 core. Jika benar, maka prosesor ini memiliki kemampuan 3,4 kali lebih cepat dari apa yang ditawarkan oleh AMD EPYC, dengan kemungkinan harga yang sama mahal.

Jadi menurut bocoran ini, prosesor yang mungkin akan menarik perhatian kita adalah yang akan diluncurkan pada Juni mendatang di Computex. Sedangkan yang akan diluncurkan pada April adalah prosesor prosumer. Bahkan, ada kemungkinan juga lini prosesor Xeon juga akan diluncurkan pada saat yang sama.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: