Instant Games tak lagi berada di Messenger

Facebook telah memindahkan fitur Instant Games ke tab Facebook Gaming. Sebelumnya fitur ini berada di Messenger.

Instant Games tak lagi berada di Messenger Source: Facebook Newsroom

Instant Games, mulai ada di Facebook sejak tahun 2016 lalu sebagai gim kasual yang dapat dimainkan pengguna bersama teman-teman di aplikasi Facebook Messenger. Dilansir dari Engadget (27/7), kini gim tersebut telah keluar dari aplikasi Messenger dan masuk ke tab Facebook Gaming

Kabarnya perpindahan tersebut akan terjadi dalam beberapa tahap. Hal ini menjadi langkah terbaru untuk merampingkan Messenger. Langkah baru ini mereka mulai perpindahannya pada platform iOS. Belum diketahui kapan transformasi ini terjadi di platform Android. 


BACA JUGA

Facebook luncurkan fitur pengingat film

Facebook mungkinkan siapa saja buat filter wajah Instagram

Aplikasi Facebook di Android bakal punya mode gelap


"Mulai akhir musim panas ini, Instant Game tidak lagi dapat dimainkan langsung di versi baru Messenger iOS. Untuk memastikan transisi yang mulus, pemain di Messenger akan terus mengakses gim melalui pembaruan utas dan chatbots. Sementara gameplay itu sendiri akan beralih ke aplikasi Facebook," kata Direktur Global Kemitraan Game Facebook, Leo Oleb. 

Tahun lalu, Facebook telah mengungkapkan bahwa aplikasi dan fitur gim-nya seperti streaming eSport untuk masuk ke dalam tab Facebook Gaming. Sementara Instant Gaming sebelumnya memungkinkan pengguna Messenger bermain gim secara gratis dalam obrolan Grup di Facebook Messenger. Gim bisa pengguna mainkan dengan teman-teman mereka. 

Bahkan sebelumnya Facebook mengklaim bahwa sudah ada lebih dari 20 miliar sesi permainan selama dua tahun dalam Instant Games. Daftar gim-gim dalam Instant Games juga telah berkembang, seperti Pac-Man, Galaga, Space Invaders, Words With Friends, dan Uno.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: