sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
Rabu, 15 Jan 2020 14:30 WIB

Instagram sembunyikan foto hasil photoshop

Fitur baru Instagram bekerja dengan menyembunyikan foto yang diduga palsu. Kendati begitu, Instagram tidak menghapus permanen foto yang ditandai

Instagram sembunyikan foto hasil photoshop

Dalam rangka memerangi informasi palsu, Instagram memberikan sebuah fitur yang dapat menandai foto yang diduga palsu. Kendati begitu, sejumlah fotografer mengeluhkan keberadaan fitur ini. Pasalnya mereka menilai fitur tersebut terlalu agresif sehingga menyulitkan mereka untuk mengakses beberapa tipe fotografi. 

Untuk diketahui, fitur tersebut bekerja dengan menyembunyikan foto yang diduga palsu. Kendati begitu, Instagram tidak menghapus permanen foto yang ditandai. Pengguna masih dapat melihat foto tersebut dengan pemberitahuan bahwa foto itu pada awalnya sudah disembunyikan. 

Agresifnya fitur ini ternyata dirasakan langsung oleh seorang fotografer bernama Toby Harriman. Ia mendapati salah satu foto di feed-nya. Setelah melalui sejumlah proses, ternyata foto yang disembunyikan itu berisi gambar seorang pria sedang berdiri di gunung yang berwarna-warni. 

“Tampaknya Instagram dan Facebook akan mulai menandai foto palsu/seni digital,” tulis Harriman dalam sebuah unggahan di Facebook, sebagaimana dilansir dari Hypebeast (15/1). 

Menurut Instagram, aplikasi itu menentukan otentikasi sebuah gambar dengan menggunakan kombinasi antara feedback dari komunitas dan teknologinya. Foto yang ditandai itu kemudian diberikan ke lembaga pemeriksa pihak ketiga. Jika sebuah gambar dianggap palsu, sebuah peringatan akan diberikan di gambar tersebut. 

Selain disembunyikan, Instagram juga memastikan bahwa foto palsu akan dihapus dari tab Explore dan halaman hashtag aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, foto tersebut juga secara otomatis akan terus ditandai di masa depan. 

“Menarik untuk melihat hal ini dan saya ingin tahu apakah itu agak terlalu jauh. Seperti halnya saya menyukai fitur ini untuk membedakan mana yang asli dan photoshop, saya juga sangat menghargai seni digital dan tidak ingin harus mengklik sejumlah penghalang untuk melihatnya,” tambah Harriman dalam unggahannya. 

Share
×
img
×
tekid
back to top