sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Rabu, 15 Feb 2023 10:31 WIB

Instagram bakal hapus fitur live shopping mulai 16 Maret

Menghapus fitur live shopping merupakan langkah Instagram untuk fokus dengan fitur intinya dan memangkas pengeluaran Meta.

Instagram bakal hapus fitur live shopping mulai 16 Maret
Source: Unsplash/ Hans Vivek

Per 16 Maret 2023, Instagram akan menutup fitur Live Shopping pada platformnya. Kreator ataupun online shop tidak dapat lagi menandai produk selama sesi live berlangsung. Jejaring sosial itu menjelaskan langkah tersebut sebagai cara untuk membantunya "fokus" pada fitur inti.

“Mulai 16 Maret 2023, Anda tidak dapat lagi menandai produk dalam siaran langsung di Instagram,” tulis perusahaan di halaman dukungan Instagram. “Perubahan ini akan membantu kami fokus pada produk dan fitur yang memberikan nilai lebih bagi pengguna kami.”

Perubahan tersebut menandai langkah besar Meta selanjutnya terhadap live shopping. Sebelumnya, perusahaan menghapus tab belanja dari feed beranda dan menutup live shopping di Facebook pada bulan Oktober. 

Namun, toko-toko di Instagram tidak sepenuhnya hilang. Perusahaan mengatakan, “Anda masih dapat menyiapkan dan menjalankan toko Anda di Instagram karena kami terus berinvestasi dalam pengalaman berbelanja untuk orang dan bisnis di feed, Stories, Reels, iklan, dan lainnya."

Live shopping pertama kali hadir di Instagram pada tahun 2020. Saat itu, orang-orang terpaksa melakukan banyak aktivitas dari rumah karena pandemi, termasuk belanja online. Namun, keputusan perusahaan kali ini tidak mengejutkan, mengingat Meta sedang mencari cara untuk memangkas biaya karena ekonomi yang sulit dan poros metaverse yang mahal sehingga memengaruhi pendapatannya.

Tapi sementara Meta mundur, platform sosial lainnya masih mengerjakan alat belanja di dalam aplikasi. TikTok misalnya, mulai menguji fitur belanja di AS pada bulan November. Di Indonesia sendiri, belanja melalui TikTok menjadi pengalaman baru karena menyediakan komunikasi dua arah antara penjual-pembeli. 

Selain itu, YouTube juga memungkinkan kreator konten menjual produk langsung di platform berkat kemitraan dengan Shopify. Dan platform belanja Amazon memiliki banyak siaran langsung yang dapat Anda tonton sekarang.

Share
×
tekid
back to top