Inilah pesawat terbesar di dunia

Mesin roketnya menyelesaikan perjalanan sekitar 2,5 jam dari Mojave Air dan Space Port dengan ketinggian maksimal 5,2 km.

Inilah pesawat terbesar di dunia Source: Stratolaunch Via Engadget

Salah satu perusahaan transportasi ruang angkasa, Stratolaunch, dikabarkan telah berhasil menerbangkan pesawat terbesar di dunia untuk pertama kalinya. Dilansir dari Engadget (13/4), pesawat raksasa tersebut diberi nama Scaled Composites Stratolaunch.

Mesin roketnya menyelesaikan perjalanan sekitar 2,5 jam dari Mojave Air dan Space Port dengan ketinggian maksimal 5,2 km. Pesawat tersebut tidak membawa muatan, tetapi perjalanannya masih menjadi masalah untuk sebuah mesin yang pertama kali diumumkan delapan tahun yang lalu dengan lebar sayap 117 meter.


BACA JUGA

Akhirnya kaki tiruan bekerja layaknya seperti kaki asli

Lem canggih ini bisa rekatkan organ yang terluka

Teknologi modifikasi gen dapat selamatkan pasien


Pesawat ini merupakan pusat dari viso Paul Allen untuk Stratolaunch ketika ia memulai perusahaan pada tahun 2011. Dalam banyak hal, Stratolaunch merupakan kembaran yang lebih besar dibanding pesawat White Knight Two dari Virgin Galactic. Ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya penerbangan luar angkasa dengan mengangkut roket ke ketinggian 10 km dan membuatnya lebih mudah untuk menyelesaikan perjalanan ke orbit.

Ada beberapa rintangan yang harus diselesaikan. Tantangan utama pada tahap ini adalah pendaratan. Northrop Grumman telah berkomitmen untuk meluncurkan roket Pegasus XL menggunakan pesawat tersebut, tetapi tidak jelas siapa lagi yang akan menggunakannya. Stratolaunch mungkin harus bekerja keras untuk menggaet pelanggan.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: