sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Kamis, 16 Feb 2023 16:02 WIB

Jangan Panik! Ini pertolongan pertama saat laptop ketumpahan air

Dalam kondisi ini, kalian harus bertindak cepat dan tidak boleh panik karena waktu sangatlah berharga.

Jangan Panik! Ini pertolongan pertama saat laptop ketumpahan air
Source: Pexels/ Karolina Grabowska

Sahabat Tek pernah tidak sengaja menumpahkan air ke laptop? Dalam kondisi ini, kalian harus bertindak cepat dan tidak boleh panik karena waktu sangatlah berharga. Pastikan seluruh aliran listrik seperti kabel daya dan baterai sudah dicabut.

Tidak sampai di situ, Anda juga harus memastikan tidak ada cairan yang masuk ke bagian dalam laptop. Kalaupun ada, maka Anda harus melakukan langkah lebih lanjut di bawah ini.

Langkah 1: Lepas semua komponen yang mudah dilepas. Cabut mouse dan kabel apa pun, dan lepaskan semua flash drive dan DVD. Biarkan laptop Anda kosong.

Langkah 2: Keringkan bagian luar mesin. Buka laptop sejauh mungkin, pegang secara terbalik agar cairan yang terkumpul keluar, dan gunakan handuk penyerap atau kain penyerap bebas serat untuk menyeka permukaan basah sampai kering. Jangan keringkan perangakt dengan udara panas seperti dari pengering rambut.

Langkah 3: Jenis cairan yang tumpah juga penting untuk menentukan langkah selanjutnya. Tidak seperti air, cairan manis dan alkohol lebih konduktif dan lebih korosif. Mereka dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal laptop. 

Oleh sebab itu, jika Anda menumpahkan sesuatu yang lebih asam daripada air, kami sarankan membawanya ke tempat servis, atau idealnya, gunakan garansi untuk mendapatkan penggantinya.

Namun, jika Anda hanya menumpahkan air ke laptop, coba keringkan sendiri. Letakkan laptop di tempat yang hangat (tidak panas) dan kering, dan biarkan di sana selama 24-48 jam. Jika memungkinkan, buka penutup serta panel yang ada. Tapi dilansir dari Digital Trends (16/2), hal ini tidak disarankan untuk sebagian besar laptop modern yang perakitannya berbeda dengan laptop lama. 

Abaikan cara-cara tradisional seperti merendam di tumpukan beras, karena dapat menimbulkan lebih banyak masalah daripada mermperbaiki. Selain itu, menjalankan dehumidifier di ruangan atau ruangan tempat laptop berada juga dapat membantu.

Jangan coba-coba untuk menyalakan laptop jika Anda belum yakin cairan sudah keluar secara menyeluruh. Sebab kalau dilakukan, ini akan memperparah kerusakan. Jadi, pastikan Anda mengeringkannya setidaknya seharian.

Share
×
tekid
back to top