sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Jumat, 24 Sep 2021 10:14 WIB

Jarang diketahui, ini manfaat email mahasiswa yang kaya fitur

Banyak perusahaan yang menawarkan akses premium secara gratis dengan syarat menggunakan email mahasiswa yang resmi dari kampus. Berikut manfaat email mahasiswa.

Jarang diketahui, ini manfaat email mahasiswa yang kaya fitur

Menjadi mahasiswa perguruan tinggi tertentu membuka kesempatan untuk mencapai kesuksesan. Memang secara garis besar kesuksesan seseorang tidak bisa dinilai dari sisi akademik saja. Namun orang yang bisa memanfaatkan dan memaksimalkan kesempatan secara akademik, pada umumnya akan mempunyai banyak wawasan hingga kesempatan lain, khususnya fasilitas yang diberikan dari kampus seperti email mahasiswa atau email edu.

Email edu adalah singkatan dari email edukasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa di perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk mahasiswa internasional, biasanya menggunakan domain .edu, sedangkan untuk Indonesia menggunakan domain .ac.id. Email edukasi ini merupakan buah kerja sama antara universitas dengan penyedia email edu itu sendiri. Ada pula kerja sama dengan perusahaan yang memberikan fasilitas khusus bagi pelajar seperti Google, Microsoft, Github, Intel, Namecheap dan lainnya.

Akun email edukasi hadir dengan beberapa manfaat bagi setiap mahasiswa. Manfaat pertama yaitu branding kampus. Email dengan nama [email protected](nama kampus).ac.id misalnya, tentu lebih dipercaya dibanding [email protected] Biasanya hal ini berguna untuk melamar beasiswa atau program magang bagi mahasiswa tingkat akhir.

Keuntungan lainnya seperti mendapatkan diskon besar untuk beberapa produk, termasuk Apple, Dell, dan banyak lagi. Atau bisa juga mendapatkan diskon besar-besaran untuk layanan online seperti Dropbox, Spotify, Amazon, dan LastPass.

Keuntungan selanjutnya yaitu mendapatkan aplikasi gratis. Banyak perusahaan yang menawarkan produknya mulai dari akses premium di beberapa website top dunia, produk-produk premium dari software ternama, serta mendapatkan domain, hosting dan SSL secara gratis dengan syarat email resmi dari kampus.

Untuk itu, berikut Tek.id rangkum lebih detail 10 produk, paket, diskon dan manfaat menarik lain dari email mahasiswa.

1. Unlimited storage Google Drive

Google memberikan unlimited storage Google Drive untuk mahasiswa yang ingin menyimpan file-file yang dianggap penting dengan ukuran ratusan GB. Email konvensional sendiri hanya mempunyai limit sebanyak 15GB. Jika dirasa masih kurang, mahasiswa bisa mendapatkan storage 1TB dengan biaya tambahan sebesar Rp1,3jt/Tahun.

2. Gratis 1TB OneDrive

Bukan hanya GDrive, mahasiswa yang menggunakan Windows 10 tentunya tidak asing dengan OneDrive yang merupakan media penyimpanan dari Microsoft. Microsoft memberikan keistimewaan bagi para mahasiswa yang memiliki email edukasi untuk mendapatkan 1TB storage OneDrive secara gratis.

3. Gratis Office 365 dan lisensi Microsoft Windows

Microsoft Office 365 Education bisa kamu dapatkan secara gratis dan legal hanya dengan login melalui email mahasiswa atau email edukasi. Beberapa perguruan tinggi bisa mendapatkan Office 365 gratis beserta lisensi Office yang bisa Anda instal di Windows atau Mac.

Mahasiswa juga bisa mendapatkan Microsoft Imagine yang memungkinkan kamu memperoleh OS Windows, Windows Server, Visual Studio, Visio dan masih banyak lagi yang lainnya pada paket premium atau paket standar.

4. Download aplikasi Autodesk Gratis

Sebagai mahasiswa teknik dan juga DKV pasti sudah tidak asing dengan software dari autodesk, seperti AutoCAD dengan berbagai macam versinya, mulai dari AutoCAD Architecture, civil 3D, Electrical, Mechanical, 3ds Max dan lainnya. Software Autodesk education ini bisa kamu dapatkan dengan gratis melalui email edukasi.

5. Unlimited Akses GitHub

GitHub adalah media sosialnya para developer dan programmer, dan menjadi tempat belajar, berbagi source code hingga membuat software atau aplikasi dengan berkolaborasi. Para developer biasanya menggunakan GitHub untuk menyimpan project mereka dan project itu bisa dikerjakan serta dilanjutkan oleh developer lain untuk dikembangkan. Untuk mendapatkan paket developer saja, kamu harus membayar USD7/bulan atau sekitar Rp100 ribu/bulan. Tapi dengan menggunakan email edukasi, mahasiswa bisa mendapatkannya secara gratis.

6. Paket Amazon

Mahasiswa yang mendaftar ke akun Amazon Student menggunakan email edukasi dapat menggunakan Amazon Prime secara gratis selama enam bulan, yang memiliki banyak manfaat, di antaranya gratis pengiriman dua hari untuk banyak produk Amazon dan bisa streaming film, acara TV, dan musik tanpa batas.

7. Diskon Spotify

Spotify adalah sebuah layanan streaming music dan video online yang populer di AS. Dengan diskon pelajar Spotify, mahasiswa bisa mendapatkan potongan 50% untuk langganan premium selama setahun.

8. Gratis Domain .Tech dan. Me

Selain domain .Me dari Namecheap, mahasiswa juga bisa mendapatkan domain .Tech selama 1 tahun hanya bermodalkan email edukasi. Domain .tech ini merupakan domain yang diperuntukkan bagi web/blog dengan niche teknologi dan harganya cukup mahal jika ingin membelinya, senilai USD60 (Rp800 ribu)/ tahun.

9. Diskon Produk Adobe CC

Ketimbang menginstal produk Adobe secara ilegal, lebih baik manfaatkan email edukasi untuk mendapatkan diskon pembelian Adobe CC antara lain Photoshop, Premiere Pro, Adobe Flash dan lainnya.

10. Gratis Axure

Axure merupakan software yang berfungsi untuk membuat mockup, flowchart, persona dan keperluan prototyping dengan sangat mudah dan cepat. Cara kerjanya tinggal melakukan drag and drop saja. Dengan menggunakan email edukasi, mahasiswa bisa mendapatkan lisensi Axure secara gratis yang biasanya sering dipergunakan untuk membuat prototype UI/UX.

Masih banyak lagi keuntungan dan keistimewaan dari email edukasi. Beberapa ulasan di atas merupakan yang populer dan paling sering digunakan oleh mahasiswa. Lantas bagaimana cara mendapatkan email edukasi? Tergantung dari kebijakan kampus masing-masing, ada yang telah disediakan pada awal masuk perkuliahan, ada juga yang perlu aktivasi terlebih dahulu. Baiknya kamu meminta informasi ke perguruan tinggi tempat kamu menempuh pendidikan. 

Share
×
tekid
back to top