sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Minggu, 02 Jan 2022 09:40 WIB

Ini kecepatan SSD PCIe dipadukan dengan Intel Alder Lake

Dalam sebuah pengujian terbaru, Intel dan Samsung mendapatkan kecepatan di kisaran 13,8 GBps throughput dalam tolok ukur IOMeter.

Ini kecepatan SSD PCIe dipadukan dengan Intel Alder Lake

Intel baru saja memamerkan kemampuan jajaran prosesor terbaru mereka, yakni Intel Core generasi ke-12. Kali ini, mereka memamerkan bagaimana kencangnya SSD PCIe gen 5.0 x4 di jajaran prosesor tersebut.

Saat menguji jajaran prosesornya, mereka menggunakan prosesor Core i9-12900K yang dipadukan dengan SSD PM1743 PCIe 5.0 x4 milik Samsung yang baru-baru ini diumumkan. Dan kecepatan yang dihasilkan bisa dibilang tidak masuk akal.

Dalam pengujian yang mereka lakukan, perpaduan platform ini mendapatkan hasil kecepatan di kisaran 13,8 GBps throughput dalam tolok ukur IOMeter. Tentu saja, ini menunjukkan bagaimana kemampuan dari PCIe gen 5.0.

Sistem yang digunakan untuk demonstrasi termasuk prosesor Core i9-12900K, motherboard Asus Z690, dan GPU EVGA GeForce RTX 3080. Intel menghubungkan SSD PM1743 Samsung menggunakan kartu interposer PCIe 5.0 khusus, seperti dilansir dari Tom’s Hardware (2/1).

Memiliki kecepatan sebesar ini, tentu akan menguntungkan untuk berbagai pihak. Para gamer  dapat memuat gim berukuran besar dengan lebih cepat serta dapat memutar video 8K tanpa ada kendala.

Untuk sementara ini, memang baru Samsung yang telah selesai mengembangkan SSD PCIe gen 5.0. Namun kedepannya, ada beberapa perusahaan lain, seperti Adata,Phison, Silicon Motion untuk menciptakan kontroler SSD dengan teknologi baru ini.

Share
×
tekid
back to top