sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Sabtu, 01 Agst 2020 11:16 WIB

Ini hasil jepretan keren Oppo Reno4 yang mengandalkan AI

Pada seri Reno4, Oppo bermain dengan warna dari tangkapan fotonya dengan mengandalkan kecerdasan buatan.

Ini hasil jepretan keren Oppo Reno4 yang mengandalkan AI

Seperti yang sudah-sudah, varian smartphone premium Oppo Reno memang selalu menawarkan berbagai inovasi baru pada setiap produk barunya. Paling baru Reno4. Meski belum resmi meluncur, Oppo sudah memamerkan berbagai inovasi fitur baru pada sektor kameranya.

Pada sebuah acara OPPO Reno4 Camera Feature Experience Event, Aryo Meidianto Aji selaku PR Manager Oppo Indonesia menunjukkan fitur-fitur inovatif yang bisa dijepret melalui kamera utama Reno4. Aryo juga menjelaskan bahwa Reno4 memiliki keunggulan untuk fotografi objek orang atau model, berbeda dengan seri Reno3 yang berfokus pada fotografi landscape.

Penasaran seperti apa fitur tersebut, tim Tek.id turut menjajal beberapa fitur kamera utama dan kamera mukanya. Benar saja, Oppo Reno4 punya hal baru yang kalian harus tahu.

Kali ini Oppo Reno4 bermain dengan warna dari tangkapan fotonya dengan mengandalkan kecerdasan buatan. Fitur ini disebut AI Color Portrait Mode.

AI Color Portrait Mode merupakan fitur baru yang mendukung fungsi foto dan video. Fitur ini dapat membuat warna pada latar belakang objek menjadi hitam dan putih, namun tetap menjaga warna pada objek manusia yang tetap menampilkan warna yang sebenarnya.

Salah satu alasan Oppo memberikan fitur ini adalah menawarkan kemudahan bagi anak muda untuk menghasilkan foto-foto seperti layaknya diambil menggunakan kamera profesional menggunakan DSLR ataupun mirrorless. Fitur ini diyakini akan mempersingkat waktu untuk menghasilkan foto-foto kekinian tanpa harus melakukan proses editing yang rumit. Tak hanya di kamera utama, fitur ini juga dapat diaplikasikan pada kamera selfie-nya.

Fitur ini pun mendapatkan apresiasi dari fotografer ternama Indonesia, Rio Motret. Rio bahkan memuji kemampuan hasil foto Reno4 yang tak kalah baik jika dibandingkan dengan tangkapan kamera profesional. Terlebih untuk mendapatkan foto seperti ini, hanya semudah menekan tombol shutter saja pada Reno4.

Seri Reno yang kabarnya akan diluncurkan pada tanggal 6 Agustus ini juga memiliki fitur baru untuk fotografi malam, namanya Night Flare Portrait. Bagi anak muda yang suka mengabadikan foto dengan gemerlap lampu-lampu kota pasti akan menyukai fitur ini

Fitur yang baru tersedia secara ekslusif untuk perangkat Reno4 ini dapat menghasilkan fotografi malam yang tak kalah menarik. Lagi-lagi, Oppo menawarkan fitur yang dapat mempermudah pengguna muda untuk membuat foto malam hari yang keren, tanpa harus membeli peralatan fotografi yang harganya mahal.

Untuk mendapatkan hasil foto seperti di atas, umumnya seorang fotografer membutuhkan kamera profesional, lensa dengan perkiraan diafragma f/2.8, dan beberapa peralatan lainnya. Namun, dengan Oppo Reno4 anak muda sekalipun bisa menghasilkan foto yang tidak kalah keren.

Dari foto tersebut, tampak pemisahan antara objek manusia dengan latar belakang yang bokeh tertata rapi. Foto tersebut juga membuktikan bahwa kinerja AI dari Oppo Reno4 cukup andal menjaga warna dari objek maupun latar belakang yang artistik. Night Flare Portrait akan menghasilkan efek neon pada bagian background (latar belakang) dari objek foto (manusia).

Meski membawa beberapa fitur baru, Reno4 masih tetap mendukung fitur-fitur kamera seperti yang ditawarkan Reno3. Seperti fitur 108MP Ultra Clear Image dan Utra Dark Mode. Jadi bisa dikatakan Reno4 merupakan perangkat yang cocok buat mengambil foto landscape maupun objek manusia.

Lantas bagaimana dengan videonya?

Setidaknya ada tiga fitur baru yang bisa dipastikan akan tersedia pada seri Reno baru tersebut. Fitur-fitur itu meliputi Monochrome Video, 960fps Smart Slow Motion, dan Ultra Stady Video 3.0.

Fitur pertama, Monochrome Video masih berkaitan dengan dengan dua fitur di atas, kecerdasan dalam memilah warna antar latar belakang dan objek foto.

Oppo Reno4 menawarkan tampilan latar belakang berwarna monokrom, namun di sini Reno4 memiliki tiga pilihan warna pada objek agar tetap ditampilkan sesuai dengan warna aslinya. Mudahnya Oppo Reno4 dapat menampilkan warna objek yang berwarna Merah, Hijau, atau Biru, sementara latar belakangnya tetap monokrom.

Lagi-lagi fitur ini mengandalkan kecerdasan AI dari prosesor yang digunakan Reno4. Dari beberapa kali mencoba mengambil video menggunakan fitur ini, hasil pemisahan warnanya terlihat sangat rapi. AI pada fitur ini terlihat gesit memisahkan warna objek dan latar belakangnya. Tidak terlihat kebocoran yang biasanya muncul pada tepian objek dengan latar belakang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Salah satu fitur kamera dari Oppo Reno4 ya ini, Monochrome Video. #oppo #opporeno4 #oppoindonesia

A post shared by @ tekidreview on

Fitur selanjutnya yang tak kalah keren adalah Reno4 kini mendukung perekaman video gerak lambat atau Slow Motion dengan frame rate hingga 960 fps.

Dengan fitur ini, anak-anak muda akan ditantang untuk membuat video-video yang menunjukan kreativitas menggunakan teknologi pada smartphone. Kemampuan 960fps Smart Slow Motion ini dapat menangkap 960 frame dalam satu detik, sehingga menjanjikan tampilan gerak lambat yang dramatis ketika menangkap aksi-aksi seru bersama teman atau melihat percikan air dalam gerak yang sangat lambat.

Zaman video anti goyang

Jika kalian masih ingat, pada seri Reno3 lalu Oppo mengenalkan sebuah fitur yang dapat meminimalisir goyangan pada saat merekam video. Pada Reno4, fitur tersebut juga bisa dipakai pada kamera depan.

Artinya, pengguna Reno4 kini bisa membuat vlog tanpa khawatir hasil videonya goyang dan tanpa memerlukan alat tambahan lagi seperti gimbal. Fitur ini memudahkan pengguna muda untuk mengabadikan vlog dimana saja mereka membutuhkannya. Baik saat jalan-jalan atau berlari-lari di pantai sembari tetap merekam menggunakan kamera depannya.

Rahasia dibalik fitur ini adalah algoritma Electronic Image Stabilization. Dirancang untuk memberikan stabilisasi pada gambar yang disempurnakan untuk memudahkan pengguna ketika merekam gambar saat beraktivitas dengan intensitas tinggi.

Selain itu, kamera belakang Reno4 juga dilengkapi dengan Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro. Dua fitur ini juga menawarkan perekaman video yang stabil meski penguna merekam video sembari berlari.

Bagaimana dengan fitur-fitur baru yang akan dibawa Reno4 ini, keren keren ya. Seri baru Reno ini akan diluncurkan pada 6 Agustus bersamaan dengan meluncurnya Oppo Watch. Namun, fitur keren Oppo Reno4 tidak hanya pada sektor kamera. Masih banyak lagi yang akan terungkap dalam waktu dekat.

Editor
Share
×
img
×
tekid
back to top