Ini dia pengganti PUBG di Cina

Pemblokiran PUBG di Cina tak lantas membuat Tencent bungkam. Baru-baru ini pengembang gim tersebut menghadirkan gim alternatif bernama Game for Peace sebagai pengganti PUBG

Ini dia pengganti PUBG di Cina Source: Google

Tencent akhirnya merilis sebuah gim baru sebagai pengganti PUBG di China. Pasalnya, Cina dilaporkan memblokir beberapa gim, termasuk PUBG. Gim berjudul “Game for Peace” itu dibuat khusus untuk pasar Cina sebagai alternatif bagi mereka yang ingin tetap bermain PUBG di negeri tersebut.

Dilansir dari FoxSports (10/5), terjemahan literal gim ini sebenarnya berbunyi “Peace Elite”. Sesuai dengan namanya, gim ini dikemas agar lebih menekankan kedamaian ketimbang perang yang menyerupai asli seperti di PUBG.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Gamer, jangan buru-buru update ke iOS 13.0

Call of Duty : Modern Warfare bakal dukung crossplay

692 juta warga Tiongkok tercatat jadi gamer aktif


Secara gameplay, hampir tidak ada perbedaan antara PUBG dengan Game for Peace. Senjata yang digunakan, aksesoris bahkan bentuk peta sangat familiar dengan PUBG. Perbedaan mendasar dari kedua gim ini adalah tidak ada karakter yang mati dalam gim.

Ya, alih-alih mati, karakter pemain yang kalah di Game for Peace akan berlutut, kemudian melambaikan tangan sebelum akhirnya menghilang dari layar. Meski senjata yang digunakan masih sama persis, namun Tencent menghadirkan efek peluru cat ketika peluru mengenai lawan. Tidak ada efek darah, walaupun suara tembakan masih terasa seperti bermain PUBG.

Tak hanya itu, Tencent pun memasukkan beberapa unsur negeri Cina dalam gim itu. Misalnya, spawn island akan berada di sebuah pangkalan Angkatan Udara Cina. Pesawat yang membawa para pemain pun merupakan pesawat milik Angkatan Udara Cina. Gim itu memposisikan pemain sebagai pejuang langit yang menjaga angkasa negerinya dengan bertarung melawan teroris.

Sebagaimana diketahui, Tencent berhasil meraup banyak keuntungan melalui gim PUBG. Namun pemblokiran PUBG di Cina cukup memberi pukulan telak bagi perusahaan pengembang gim tersebut. Kehadiran Game for Peace dipercaya bakal membuka kembali keran penghasilan Tencent yang sebelumnya tertutup karena aksi pemblokiran tersebut.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa Game for Peace atau Peace Elite sudah menjadi gim yang paling banyak diunduh di toko aplikasi Apple di China. Diperkirakan bahwa gim ini mampu menghasilkan USD500 juta di akhir 2019 nanti.

Penting untuk diketahui, gim ini sengaja dibuat khusus untuk pasar Cina saja. Belum ada keterangan lebih lanjut apakah pemain di luar Cina bisa mencicipi gim ini juga.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: