sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
Jumat, 23 Jul 2021 10:52 WIB

Ini daftar smartwatch yang bisa update ke Wear OS 3

Google baru saja mengumumkan sistem operasi terbarunya untuk smartwatch. Pembaruan ke Wear OS 3 sangat terbatas untuk beberapa smartwatch saja.

Ini daftar smartwatch yang bisa update ke Wear OS 3
Credit: Google

Google akhirnya resmi mengumumkan nama sistem operasi terbarunya untuk smartwatch, yakni Wear OS 3. Ini tentu dapat menjawab beberapa rumor yang telah banyak beredar terkait Wear OS 3. Google mengatakan Wear OS 3 akan mulai diluncurkan untuk smartwatch secara terbatas pada paruh kedua 2022.

Pengumuman resmi peluncuran Wear OS 3 telah menepis ekspektasi orang-orang, jika sistem operasi ini akan hadir bulan depan di acara Samsung Unpacked. Perusahaan juga mengungkap jika smartwatch yang bisa mendapatkan pembaruan Wear OS 3 meliputi GPS TicWatch Pro 3 Mobvoi, TicWatch Pro 3 Seluler/LTE, TicWatch E3, serta smartwatch generasi baru dari merek Mobvoi dan Fossil yang diluncurkan akhir tahun ini.

Di sisi lain, kabar daftar smartwatch yang mendapat pembaruan tersebut akan membuat banyak perangkat yang berbasis Wear OS ketinggalan. Tidak hanya itu, kebijakan pembaruan ini juga akan mengancam smartwatch Samsung yang berbasis Tizen OS. Google mengatakan jika kebijakan pembaruan ini merupakan pilihan yang paling bijak untuk seluruh pengguna Android agar perangkatnya tidak kedaluwarsa.

Dilansir The Verge (23/7), Google mengatakan jika dalam bebera kasus, pengalaman pengguna ketika smartwatch-nya diperbarui ke Wear OS 3 akan berpengaruh. Tapi perusahaan tidak menjelaskan secara detail terkait pengaruh tersebut. Ini kemungkinan besar bisa membuat smartwatch yang diperbarui akan bisa berjalan dengan lambat.

Selain itu, pengguna juga perlu untuk melakukan reset pabrik secara penuh saat akan memperbarui sistem operasi smartwatch-nya ke Wear OS 3. Pembaruan itu akan menghapus semua pengaturan dan data yang mungkin dimiliki di smartwatch. Pengaturan dan data itu harus terlebih dahulu dicadangkan di smartphone. Ini tampak akan sangat merepotkan, jadi disarankan untuk tidak tergesa-gesa membeli smartwatch dalam daftar tersebut karena terdapat perubahan yang mungkin sangat kompleks dari pembaruan ke Wear OS 3.

Sementara itu, Google setidaknya menyadari jika banyak pemilik smartwatch yang tidak ingin mendapatkan kompleksitas tersebut. Sehingga, perusahaan berkomitmen untuk menawarkan pembaruan dukungan dan keamanan pada versi Wear OS saat ini, selama dua tahun sejak peluncuran perangkat. Mengingat kebijakan pembaruan yang terbatas dan kompleksitasnya, pilihan terbaik yang bisa diambil saat ini adalah menunggu hingga smartwatch terbaru dengan Wear OS 3 diluncurkan.

Share
×
tekid
back to top