sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
Senin, 28 Jan 2019 10:42 WIB

Ini bocoran spesifikasi prosesor Exynos 9820 milik Samsung

Prosesor Exynos 9820 akan menggunakan dua core custom disamping enam core lain milik ARM, serta menggunakan GPU Mali G76 MP12.

Ini bocoran spesifikasi prosesor Exynos 9820 milik Samsung
Exynos 9820 (Samsung)

Beberapa minggu terakhir ini banyak beredar mengenai hasil skor benchmark smartphone terbaru Samsung, yakni Galaxy S10. Hasil benchmark tersebut bisa dibilang cukup tinggi karena menggunakan prosesor Snapdragon 855, dan kalah tipis saat dibandingkan dengan iPhone XS yang menggunakan A12 Bionic.

Tak mau kalah, Samsung pun menggenjot pengembangan prosesor milik mereka sendiri, yakni Exynos. Baru-baru ini, muncul beberapa informasi mengenai kemampuan dari prosesor buatan mereka sendiri.

Exynos 9820 akan menggunakan arsitektur 8nm, yang berarti kalah dengan A12 Bionic dan Snapdragon 855. Meski demikian, perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut percaya diri menyebut prosesor mereka akan menawarkan pengalaman komputasi mobile tingkat berikutnya, yang menyaingi kinerja PC.

Mereka mengatakan, prosesor ini akan hadir dengan fitur AI. Mereka juga akan menyematkan koneksi internet multi-gigabit dan berbagai teknologi multimedia dan fitur-fitur umum yang sering digunakan oleh para penggunanya.

Neural Processing Unit baru juga akan hadir, yang memungkinkan prosesor ini untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan AI, seperti layanan asisten pribadi, augmented reality, dan fungsi kamera. 

Berbicara mengenai cluster CPU, Exynos 9820 mengintegrasikan dua core kustom yang menangani tugas komputasi yang berat, dua core ARM Cortex-A75 untuk kinerja optimal, dan empat core Cortex-A55 tambahan untuk tugas-tugas umum lain sembari memangkas penggunaan daya hingga 20 persen.

Soal kemampuan grafis, Samsung memilih menggunakan GPU Mali-G76 MP12. Dengan menggunakan GPU ini, mereka berjanji akan memberikan peningkatan kinerja hingga 40 persen dalam game dan aplikasi 3D, dengan peningkatan efisiensi daya 35 persen.

Selain itu, prosesor kamera yang baru dapat mendukung hingga lima sensor gambar, ditambah dengan kemampuan merekam video 8K dan mengkompres materi yang ditangkap menjadi file yang lebih kecil melalui codec HEVC 10-bit yang ditingkatkan. Ada juga kemampuan untuk menangani konten HDR di resolusi 4K.

Sayangnya, seperti dilansir dari laman resmi Samsung (28/1/209), tidak ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai prosesor tersebut. Namun yang pasti, Samsung akan memperkenalkan secara resmi prosesor ini pada bulan Februari mendatang.

Share
×
tekid
back to top