sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Senin, 25 Mei 2020 13:30 WIB

Inggris bakal tarik kembali peralatan 5G Huawei

Rencananya seluruh peralatan jaringan Huawei akan sepenuhnya dihilangkan dari Inggris pada 2023 mendatang. 

Inggris bakal tarik kembali peralatan 5G Huawei

Inggris dilaporkan sedang berencana untuk menarik kembali peralatan Huawei dari jaringan 5G di negara itu. Rencana itu diungkapkan oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Rencananya seluruh peralatan jaringan perusahaan asal Tiongkok itu akan sepenuhnya dihilangkan dari Inggris pada 2023 mendatang. 

Keputusan ini diduga mengacu pada politikus Inggris yang menentang penggunaan perangkat dari Tiongkok selama pandemi Covid-19. Padahal  sebelum ini, Inggris pernah setuju untuk menggunakan perangkat Huawei kendati perusahaan itu masuk dalam daftar hitam AS. 

Dilansir dari Cnet (23/5), persetujuan itu diberikan oleh Boris Johnson sendiri. Pada Januari lalu, Perdana Menteri Inggris setuju untuk menggunakan perangkat Huawei dengan beberapa kondisi. Huawei tidak bisa memasukkan peralatan 5G-nya ke bangunan inti jaringan 5G di Inggris. 

Batasan lain yang diberlakukan adalah soal market share. Inggris membatasi market share Huawei di negara itu sebanyak 35% saja. Tidak hanya itu, peralatannya juga tidak boleh digunakan di kawasan geografi sensitif. Batasan-batasan ini muncul tidak lain karena AS mendorong Inggris untuk ikut memblokir Huawei. 

Menanggapi isu tersebut, Huawei angkat bicara. Victor Zhang, VP Huawei mengungkapkan bahwa kabar tersebut tidak masuk akal. Pasalnya sejak Januari lalu Inggris memutuskan untuk menyetujui penggunaan peralatan 5G Huawei. Huawei menyatakan bahwa prioritasnya adalah adalah membantu perusahaan seluler dan broadband di INggris untuk selalu terhubung. 

"Kami telah melihat laporan dari sumber yang tidak disebutkan namanya, yang tidak masuk akal. Pemerintah (Inggris) pada bulan Januari memutuskan untuk menyetujui peran kami dalam peluncuran 5G, karena Inggris membutuhkan teknologi terbaik, lebih banyak pilihan, inovasi dan lebih banyak pemasok, yang semuanya berarti jaringan yang lebih aman dan lebih tangguh. Sebagai perusahaan swasta, yang 100% dimiliki oleh karyawannya, dan telah beroperasi di Inggris selama 20 tahun, prioritas kami adalah membantu perusahaan seluler dan broadband menjaga Inggris untuk selalu terhubung, yang dalam krisis kesehatan saat ini menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Ini adalah rekam jejak kami yang sudah terbukti." kata Victor Zhang, VP huawei. 

Sebagaimana diketahui, AS kembali memperpanjang pemblokiran terhadap Huawei sampai 2021 mendatang. Bahkan baru-baru ini, negeri Paman Sam tersebut semakin memperketat aturan pemblokirannya. TSMC sudah tidak dapat lagi menerima pesanan dari Huawei karena peraturan baru tersebut, Padahal selama ini, TSMC merupakan pihak yang memproduksi chipset Kirin untuk smartphone Huawei dan Honor. 

Belakangan tersiar kabar kalau Huawei dan Honor mulai beralih menggunakan chipset MediaTek. Memang, perusahaan Tiongkok ini sudah memindahkan produksi Kirin ke manufaktur Tiongkok, SMIC. Namun, hal itu terbatas pada chip 14nm saja. 

 

*artikel ini sudah diperbarui dengan tanggapan dari Huawei

Tag
Share
back to top