sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Minggu, 24 Apr 2022 12:07 WIB

Industri eSport akan terus berkembang

Lembaga riset Newzoo mengatakan bahwa di 2025, nilai industri eSport akan mencapai USD1,38 miliar dengan peningkatan pasar rata-rata 13,4 persen.

Industri eSport akan terus berkembang

Industri eSport saat ini sudah mencapai nilai yang sangat mengesankan. Selain semakin banyak judul gim eSport yang populer, pandemi juga membuat semakin banyak orang yang menggandrungi industri yang satu ini.

Salah satu contoh gim yang populer dan mendapatkan banyak sponsor adalah League of Legends. Dan menurut laporan terbaru dari Newzoo, nilai uang di industri ini akan terus meningkat.

Dilansir dari laman Engadget (24/4), Newzoo menyebut telah mengumpulkan beberapa poin yang menaksir industri ini semakin meningkat. Dalam laporan ini, pada akhir tahun, eSports sebagai industri akan menghasilkan pendapatan hampir USD1,38 miliar.

Mereka menyebut Tiongkok akan bertanggung jawab atas hampir sepertiga pendapatan eSports di seluruh dunia. Sedangkan untuk pertumbuhan tercepat dimiliki oleh Asia Tenggara, Asia Selatan Tengah, dan Amerika Latin.

Wilayah ini disebut memiliki Compound Annual Growth Rate (CAGR) 2020-2025 masing-masing sebesar +27,6%, +23,4%, dan +19%. Tentu saja, perkembangan ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nilai CAGR eSports memiliki tingkat pertumbuhan yang sehat dan stabil sebesar +13,4%, dan akan bernilai USD1,86 miliar pada tahun 2025 pada tingkat ini. Streaming langsung dari tempat-tempat seperti Twitch juga berkontribusi banyak, karena streaming gim mencapai hampir 810 juta penonton tahun lalu, dan diperkirakan akan mencapai sekitar 1,41 miliar orang pada tahun 2025.

Jumlah jam yang dihabiskan orang untuk bermain gim dan menonton streaming di Twitch juga cukup mengejutkan. Mereka melaporkan jumlah waktu tontonan gamer yang bermain secara live mencapai hampir 20 miliar jam.

YouTube Gaming menjadi platform terbesar kedua, dengan 4,7 miliar jam tontonan untuk gamer yang melakukan streaming secara langsung. eSports secara keseluruhan juga memiliki banyak sponsor, dengan 60% dari total pendapatan industri.

Secara keseluruhan, laporan Newzoo memiliki metrik yang menunjukkan peningkatan, dan eSports sebagai industri akan terus memperluas jangkauannya. Kemungkinan besar, ini akan menjadi industri yang benar-benar dapat bersaing dengan industri olahraga besar seperti sepakbola dan lainnya.

Share
×
tekid
back to top