sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Senin, 27 Jan 2020 10:02 WIB

Lampaui Amerika, India jadi negara dengan penjualan smartphone terbesar kedua

Counterpoint Research melaporkan, India memiliki total 158 juta smartphone yang masuk ke negaranya, melampaui Amerika yang harus rela tergeser dari posisi kedua.

Lampaui Amerika, India jadi negara dengan penjualan smartphone terbesar kedua
Credit : Pexels

Amerika saat ini menjadi pasar smartphone terbesar kedua di seluruh dunia, setelah disalip Tiongkok beberapa tahun yang lalu. Meski mengalami pertumbuhan penjualan setiap tahun, namun bukan berarti mereka bisa terus berada di posisi tersebut.

Belakangan ini, ada satu negara yang tercatat mengalami ledakan dalam hal penjualan smartphone, yakni India. Para peneliti di Counterpoint Research bahkan menyatakan, India telah menjadi negara kedua yang memiliki penjualan smartphone terbesar kedua, menggeser Amerika ke posisi ketiga.

Dalam data yang baru mereka ungkapkan, pada 2019 kemarin, India dilaporkan telah menerima total 158 juta perangkat. Sebagian besar hal ini disebabkan oleh lonjakan produsen Tiongkok yang menawarkan perangkat dengan harga agresif.

Engadget (27/1/2020) melaporkan, Counterpoint Research mencatat sebanyak 72 persen smartphone yang dikirim ke India berasal dari merek Tiongkok besar seperti Xiaomi, Vivo, realme, dan Oppo.

Dalam data tersebut, terlihat bahwa realme mencatatkan peningkatan penjualan yang paling drastis. Begitu juga dalam hal pangsa pasar, realme meningkat dari tiga persen menjadi 10 persen.

Di sisi lain, smartphone Apple juga berhasil tumbuh dengan cepat pada akhir 2019 berkat pemotongan harga iPhone XR dan debut iPhone 11. Samsung, disisi lain harus melihat jumlah penjualannya stagnan selama bertahun-tahun, bahkan turun lima persen pada 2019.

Namun demikian, hal ini sebenarnya tidak mengejutkan mengingat jumlah penduduk di India jauh lebih besar dari Amerika. Selain itu, dikarenakan negara berkembang, potensi pembelian smartphone baru akan terus bermunculan seiring peningkatan perekonomian negara tersebut.

Share
back to top