Ilmuwan Jerman berhasil temukan cara lepas dari kecanduan gim

Hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan Jerman terhadap kecanduan gim beredar beberapa minggu setelah WHO menetapkan kecanduan gim sebagai penyakit.

Ilmuwan Jerman berhasil temukan cara lepas dari kecanduan gim Ilustrasi Bermain Gim (Pexels)

Kecanduan bermain game sekarang merupakan penyakit yang diakui secara resmi oleh Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO. Mereka memasukkan kecanduan terhadap bermain gim ini dalam revisi akhir ICD-11, yang disetujui pada bulan Mei selama Majelis WHO di Jenewa, Swiss.

Untung saja, setelah kecanduan gim dinyatakan sebagai penyakit, sekelompok peneliti Jerman menerbitkan hasil studi klinis mereka untuk mengobati kecanduan internet dan bermain game. Percobaan klinis acak ini dilakukan antara 24 Januari 2012 dan 14 Juni 2017, di empat klinik di Jerman dan Austria.


BACA JUGA

Square Enix akan luncurkan Final Fantasy VIII Remaster September mendatang

PES 2020 dipastikan akan punya versi mobile

Gamer PUBG di Xbox One dan PlayStation 4 bisa main bareng


Mereka menggunakan terapi perilaku kognitif (CBT) sebagai pengobatan jangka pendek. Dan hasilnya cukup mengejutkan.

Para ilmuwan menganalisis data tersebut antara November 2018 dan Maret 2019. Makalah ini akhirnya diterbitkan minggu lalu oleh penulis Klaus Wölfling, Kai W. Müller, dan Michael Dreier dari Universitas Johannes Gutenberg di Mainz, Jerman.

Ternyata, pendekatan mereka cukup sukses dan bahkan lebih luar biasa mengingat tidak ada obat yang digunakan untuk perawatan kecanduan game, seperti dilansir dari laman Wccftech (19/7).

Hasilnya, sebanyak 143 pria di usia 26 tahun dianalisis berdasarkan analisis intention-to-treat. Dari peserta ini, 50 dari 72 pria, sekira 69,4 persen masuk dalam kelompok STICA yang menunjukkan remisi. Sementara 17 dari 71 pria, sekira 23,9 persen masuk dalam kelompok WLC.

Dalam analisis regresi logistik, remisi pada kelompok STICA vs WLC lebih tinggi, dengan mempertimbangkan keparahan garis dasar kecanduan internet, komorbiditas, pusat perawatan, dan usia.

Dibandingkan dengan kelompok WLC, ukuran efek pada penghentian pengobatan STICA adalah d = 1,19 untuk AICA-S, d = 0,88 untuk waktu yang dihabiskan online pada hari kerja, d = 0,64 untuk fungsi psikososial, dan d = 0,67 untuk depresi.

Empat belas efek samping dan 8 efek samping serius terjadi. Hubungan sebab akibat dengan pengobatan dianggap kemungkinan dalam 2 AE, satu di setiap kelompok.

Kesimpulan dan Relevansi Perawatan jangka pendek untuk kecanduan internet dan game komputer adalah CBT jangka pendek yang menjanjikan, secara tertulis, untuk berbagai kecanduan internet di berbagai pusat perawatan. 

Diperlukan uji coba lebih lanjut untuk menyelidiki kemanjuran jangka panjang STICA dan menangani kelompok dan sub kelompok tertentu dibandingkan dengan kondisi kontrol aktif.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: