sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Kamis, 15 Feb 2024 15:06 WIB

iGPU baru Intel, Battlemage tawarkan fitur baru untuk mempertajam gambar

Dalam sebuah bocoran terbaru, iGPU baru Intel di Lunar Lake akan menunjukkan teknologi baru yang dapat mempertajam gambar.

iGPU baru Intel, Battlemage tawarkan fitur baru untuk mempertajam gambar

CPU Intel Lunar Lake dengan arsitektur iGPU Xe2 "Battlemage" dikabarkan akan diluncurkan akhir tahun ini. iGPU ini akan menampilkan sejumlah teknologi baru seperti Adaptive Sharpening Filter, yang akan membantu meningkatkan performanya.

Bahkan, Intel Lunar Lake dikabarkan akan menjadi produk besar untuk produk mainstream dan segmen "klien" konsumen. CPU ini akan menampilkan banyak teknologi baru termasuk arsitektur yang dirancang dari awal dan berfokus pada kinerja/watt, peningkatan AI NPU 3x lipat, dan arsitektur iGPU Xe2 "Battlemage" terbaru.

Arsitektur GPU Battlemage Xe2 diharapkan menjadi peningkatan besar dibandingkan lini Alchemist yang memulai debutnya dengan seri Arc untuk desktop dan notebook. Namun senjata terbaru mereka, Adaptive Sharpening Filter, akan merubah lanskap prosesor Intel.

Menurut patch Kernel Linux terbaru yang dikirim oleh Intel, sepertinya iGPU Xe2 "Battlemage" untuk CPU Lunar Lake akan menampilkan dukungan untuk teknologi Adaptive Sharpening Filter baru yang pada dasarnya akan bekerja melalui display engine dan menerapkan penajaman di dalam game atau non-game, seperti di foto dan video.

Dilansir dari laman Wccftech (15/2), Filter ini akan memiliki dampak kinerja dan daya minimal dan akan disertakan dalam iGPU yang ditampilkan di Lunar Lake dan seterusnya.

Salah satu catatan menarik tentang fitur ini adalah fitur ini dapat diatur secara manual dari nilai 0-255 dengan 0 mewakili tidak ada penajaman, 1 mewakili penajaman minimal, dan 255 mewakili jumlah penajaman maksimum yang dicapai melalui menu Adaptive Sharpening Filter.

Filter ini akan diterapkan di wilayah tertentu tergantung pada ukuran yang juga dapat diatur oleh pengguna. Fitur baru ini dikatakan memberikan kualitas gambar yang lebih baik tanpa mempertajam gambar aslinya secara berlebihan seperti yang kita lihat pada filter penajaman tradisional.

Tag
Share
×
tekid
back to top