IESPL bakal hadirkan gim lokal di pertandingan eSport

Piala Presiden merupakan kompetisi eSport resmi pertama di Indonesia. Pada perhelatan keduanya, kompetisi ini kabarnya akan menghadirkan gim lokal Indonesia.

IESPL bakal hadirkan gim lokal di pertandingan eSport Source: Instagram/ @giring

IESPL (Indonesia eSports Premier League) merupakan organisasi eSport yang dipercaya untuk menggelar perhelatan Piala Presiden eSport 2019. Kejuaraan itu sendiri kabarnya akan kembali digelar pada Februari 2020 mendatang. Berkenaan dengan itu, IESPL kabarnya bakal menghadirkan gim lokal untuk dipertandingkan dalam ajang tersebut. 

“Sebetulnya ada rencana, ...Kalau udah official tunggu tanggal mainnya di bulan Oktober,” ujar Giring Ganesha, Presiden IESPL saat ditanya mengenai kemungkinan masuknya gim lokal dalam ajang Piala Presiden.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Idbyte selenggarakan kompetisi eSport pertama, hadiah total Rp750 juta

Nissan punya kursi untuk atlet eSport

eSport, bukan industri main-main


Giring sendiri tidak menampik adanya kemungkinan tersebut. Ia menyatakan selama beberapa minggu belakangan ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan Bekraf untuk membuat sebuah “rencana besar”. 

Setali tiga uang, Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf pun menyatakan hal senada. Ia mengatakan bahwa gim lokal harus ikut dipertandingkan dalam pergelaran eSport. Menurutnya, status awal gim lokal ini nantinya hanya sebagai eksibisi saja. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa gim tersebut akan dipertandingkan secara resmi. 

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Bekraf berupaya menggenjot industri gim lokal untuk lebih berkembang lagi. Bekraf bahkan mengirim sepuluh perusahaan gim Indonesia untuk berpartisipasi dalam ajang Gamescom di Jerman. Salah satu yang dikirim Bekraf adalah IESPL. 

Gamescom sendiri merupakan ajang gim terbesar di Eropa. Setiap tahunnya acara ini dihadiri lebih dari 350.000 pengunjung dari berbagai belahan dunia dan ada lebih dari 30.000 rekan bisnis potensial dalam ajang tersebut. Dengan mengirim sepuluh perusahaan gim Indonesia, acara tersebut diharapkan bisa membuka keran bisnis bagi perusahaan gim lokal di kancah global. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Game eSport