IDC prediksi Apple bakal pimpin pasar smartwatch global

Penelitian yang dilakukan IDC mengungkap dalam empat tahun ke depan Apple akan mampu menguasai pasar smartwatch global.

IDC prediksi Apple bakal pimpin pasar smartwatch global

Apple akan memimpin pertumbuhan pasar jam tangan pintar pada 4 tahun ke depan. Perkiraan ini dikemukakan oleh firma riset pasar, International Data Corporation (IDC) berdasarkan prediksi triwulanan baru-baru ini.

Mengapa Apple akan tetap menjadi pemimpin industri di sektor jam tangan pintar, perusahaan mengaitkannya dengan meningkatnya permintaan untuk produk-produk Apple.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Garmin hadirkan smartwatch bertema Avenger

Bukan cuma sepatu, Puma juga punya smartwatch berlayar AMOLED

Garmin tawarkan smartwatch GPS dengan panel surya


"Pesaing terdekat Apple akan mengikuti, dengan (jarak) margin yang besar," kata Ramon T. Llamas, Direktur Riset untuk tim Wearable IDC. 

"Android juga memainkan peran besar di sini, tetapi sebagian besar dikenal sebagai platform yang dapat dikenakan di Cina."

Pengiriman produk wearable di pasar global secara kolektif meningkat dari 222,9 juta unit pada 2013 menjadi 302,3 juta unit pada 2023, kata IDC. Smartwatch memegang pangsa pasar terbesar: 43,5% dari produk-produk wearable yang beredar secara global. Itu berarti jam tangan akan tumbuh dari 91,8 juta unit pada 2019 menjadi 131,6 juta pada 2023.

"Smartwatch akan berevolusi lebih dalam sebagai pelengkap kesehatan dan kebugaran dan terhubung dengan berbagai aplikasi dan sistem," kata Llamas. 

"Perangkat yang dikenakan di telinga ... akan mendorong ke daerah lain seperti penerjemahan bahasa, penyebaran asisten cerdas dan solusi pelatihan (virtual),"

Merek lain, yang menjalankan sistem operasi seperti Android, WearOS, dan Tizen, akan mendorong pertumbuhan di pasar jam tangan pintar juga.

Sebagian besar pertumbuhan perangkat wearable, melibatkan permintaan untuk perangkat yang dikenakan di telinga dan jam tangan pintar. Ketika keduanya digabungkan akan membentuk 70% dari jumlah pengiriman perangkat wearable pada 2023 nanti. Untuk perangkat yang dikenakan di telinga, manfaat seperti berurusan dengan gangguan pendengaran akan menarik minat konsumen, kata IDC. 

Sementara untuk smartwatche akan menarik pembeli sebagai alat kesehatan dan kebugaran. Gelang, di sisi lain, akan melihat pertumbuhan pengiriman yang datar karena pasar Amerika Utara dan Eropa Barat mengharapkan konsumen akan beralih ke penggunaan jam tangan pintar.

Laporan triwulanan ini dikumpulkan dari perusahaan yang bersaing dalam ekosistem produk wearable, pemasok komponen, distributor dan pemasar. Data dimasukkan ke dalam laporan, termasuk sentimen pengguna, volume pengiriman perangkat triwulanan dan tahunan, data vendor dan strategi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: