sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 08 Mar 2021 10:49 WIB

iCloud tak sengaja kunci akun pengguna karena mirip kode bug

Rachel True terkunci dari akun iCloud-nya sendiri karena nama belakangnya dikira sebagai kode yang memicu bug untuk menutup akses.

iCloud tak sengaja kunci akun pengguna karena mirip kode bug
Source: 9to5mac

Beberapa perangkat lunak mempunyai caranya sendiri dalam memperhitungkan cara orang, sengaja ataupun tidak, yang dapat merusak sistem. Pemrogram cenderung memperhitungkan potensi kesalahan yang disebabkan oleh manusia melalui metode yang dapat mempermainkan sistem. Namun, tidak semuanya berjalan dengan efektif. Salah satunya kasus yang terjadi pada Rachel True.

Kasus aneh ini membuat dia terkunci dari akun iCloud-nya sendiri selama berbulan-bulan, karena cloud Apple tersebut salah mengidentifikasi nama belakang pengguna.

Entah karena kesalahan pengguna yang lupa menggunakan huruf kapital pada nama belakang, “True” atau sistem yang mengubahnya. Inti dari masalah ini adalah nama tersebut telah memancing bug untuk mengunci akun secara otomatis. 

Berdasarkan unggahan Rachel melalui Twitter, kata “true” tanpa kapitalisasi ditafsirkan oleh software sebagai bagian dari kode yang memicu bug untuk mengunci akun iCloud. Melalui cuitan tersebut, Rachel juga meminta Apple untuk memperbaiki masalah yang sudah dihadapi selama lebih dari 6 bulan.

Kasus ini lucu sekaligus mengecewakan. Menurut beberapa programmer, masalah yang tampak sepele ini tidak sesederhana itu untuk diperbaiki, terutama jika menyangkut layanan komputasi awan yang digunakan oleh ribuan pengguna di seluruh dunia.

Untuk diketahui, Rachel hingga saat ini masih membayar biaya langganan bulanan untuk Apple iCloud, meskipun ia tidak bisa mengaksesnya. Ini mungkin agar dia dapat menjaga file yang ada di dalam iCloud tetap utuh, hingga perusahaan memberikan solusi.

Setelah kasus ini mendapatkan banyak perhatian dari media, Apple mengatakan akan segera menghubungi Rachel dan memberi solusi nyata yang lebih permanen.

Share
×
tekid
back to top