Huawei: Smartphone HarmonyOS tidak akan rilis tahun ini

Huawei memastikan bahwa pihaknya belum akan merilis smartphone dengan sistem operasi HarmonyOS tahun ini. Pasalnya perusahaan ini masih tetap ingin menggunakan platform Android milik Google.

Huawei: Smartphone HarmonyOS tidak akan rilis tahun ini Source: Google

Huawei memastikan bahwa pihaknya belum akan merilis smartphone dengan HarmonyOS di dalamnya. Perusahaan itu ingin mempertahankan ekosistem tunggal dan tetap dengan platform milik Google. Karena itulah Huawei mengatakan belum akan merilis smartphone dengan sistem operasi HarmonyOS. 

Dilansir dari Cnet (23/8), pernyatan ini terungkap dari Senior Vice President Huawei, Vincent Yang, dalam sebuah acara yang digelar di New York. Ia menegaskan bahwa Huawei ingin mempertahankan satu standar dalam satu ekosistem saja. Ia pun menambahkan HarmonyOS merupakan rencana cadangan yang disiapkan Huawei. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Begini cara kerja Horizon Display di Huawei Mate 30 Pro

VP Huawei jelaskan maksud desain kamera Mate 30

Huawei akan buka akses bootloader pada Mate 30 series


Rencana cadangan ini disiapkan untuk berjaga-jaga apabila AS memberlakukan larangan yang akan mencegah perusahaan ini untuk mengakses bagian-bagian penting dalam sistem operasi Android. Untuk diketahui, dengan pelarangan tersebut, Huawei bakal tidak akan bisa mengakses Maps dan Play Store, terutama Google Play Services. Kalau pun terpaksa, Huawei menyatakan dapat mengganti OS dari Android ke HarmonyOS untuk dipakai di smartphone hanya dalam waktu beberapa hari saja. 

Hingga saat ini, lisensi sementara yang tadinya sudah berakhir pada 19 Agsutus akhirnya diperpanjang oleh pemerintah AS. HarmonyOS sendiri dirancang agar lebih bersih dari Android. Pasalnya sistem operasi ini memiliki jalinan kode yang lebih ringkas, untuk menjadi sistem operasi bagi produk IoT seperti televisi dan jam tangan pintar. 

Sebelumnya tersiar kabar bahwa Huawei Mate 30 Lite diprediksi akan hadir dengan Harmony OS di dalamnya. Smartphone ini dilaporkan akan hadir pada September tahun ini. Namun dengan pernyataan resmi yang baru saja diberikan, dapat dipastikan Mate 30 Lite tidak akan hadir dengan HarmonyOS. Atau dalam skenario lain, peluncurannya akan diundur oleh Huawei. 

Keengganan Huawei untuk menyematkan HarmonyOS pada smartphone bukan tanpa alasan. Pasalnya untuk bisa diterima sebagai sebuah sistem operasi pada smartphone, HarmonyOS harus memiliki dukungan ekosistem, salah satunya adalah aplikasi yang sudah banyak di dalam pasar aplikasi mereka. Mengingat sistem operasi ini baru diperkenalkan awal bulan ini, HarmonyOS belum memiliki banyak dukungan aplikasi. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: