sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Kamis, 16 Jan 2020 18:30 WIB

Huawei siapkan USD1 miliar ajak pengembang pindah ke App Gallery

Selain menawarkan uang yang cukup besar, Huawei juga menawarkan potongan bagi hasil yang lebih menarik dibandingkan Apple dan Google.

Huawei siapkan USD1 miliar ajak pengembang pindah ke App Gallery
Credit : Android Authority

Huawei saat ini sedang mengusahakan berbagai macam upaya untuk membuat para penggemar smartphone mereka terus menggunakannya. Mengingat pengguna tidak dapat menggunakan Play Store dan GWS, Huawei pun menggalakan Huawei Mobile Service milik mereka dan penggunaan perpustakaan HWS.

Dalam mengembangkan ekosistem HMS dan App Gallery, Huawei pun dikabarkan telah menghabiskan cukup banyak dana sepanjang 2019. Namun, untuk membuat penyebaran HMS lebih baik lagi di 2020, mereka telah mempersiapkan dana hingga USD1 miliar.

Dana ini dikabarkan akan didistribusikan di beberapa negara. Pada Huawei Developers Conference yang diadakan di London, Huawei mengumumkan investasi USD26 juta untuk mendorong pengembang aplikasi Inggris dan Irlandia untuk membuat aplikasi di Huawei App Galeri dan menggunakan HMS.

Selain itu, Engadget (16/1) melaporkan bahwa raksasa teknologi asa Tiongkok ini juga akan mengambil insentif yang lebih kecil. Jika Apple dan Google mengambil 30% dari setiap pembelian di aplikasi, mereka hanya akan mengambil 15% saja.

Selain di Inggris, Huawei juga dikabarkan pada awal tahun lalu, mereka sudah menginvestasikan USD20 juta untuk para pengembang aplikasi di India.

Sebenarnya, absennya GMS tidak menjadi masalah besar bagi para pengguna Android. Mereka bisa mengunduh aplikasi mentahan Android alias APK di banyak situs eksternal. Tapi, di sisi lain mereka kehilangan fitur utama seperti Play Protect dan pembaruan otomatis.

Tetapi pertanyaan sebenarnya di sini adalah, apakah insentif ini cukup meyakinkan pengembang untuk bekerja di Huawei App Gallery. Ya, Huawei memiliki sejumlah besar pengguna di seluruh dunia, tetapi itu tidak akan meyakinkan sebagian besar dari pengembang untuk beralih ke platform yang tidak dikenal.

Saat ini, hanya ada beberapa perangkat Huawei yang diluncurkan tanpa Play Store, dan sejumlah besar pengguna masih mengandalkan Play Store untuk aplikasi mereka. Terakhir, banyak nama besar seperti WhatsApp dan Facebook belum menerbitkan aplikasi mereka di Huawei App Gallery.

Share
back to top