sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 12 Feb 2024 14:05 WIB

Huawei siapkan perangkat pesaing Apple Vision Pro

Dalam sebuah bocoran terbaru, dikabarkan bahwa Huawei mempersiapkan perangkat pesaing Apple Vision Pro bernama Huawei Vision.

Huawei siapkan perangkat pesaing Apple Vision Pro

Industri headset VR, AR, dan MR saat ini sedang memanas. Setelah sebelumnya Oculus (kini dimiliki Meta) menghadirkan headset VR dengan harga terjangkau, kini giliran perusahaan besar yang mencicipi pasar yang satu ini.

Salah satunya adalah Apple, yang meluncurkan Vision Pro yang dijual di kisaran Rp54 juta-an. Perangkat ini pun dikabarkan sangat populer dan diburu penggemar teknologi meski memiliki harga yang sangat mahal.

Tak ingin ketinggalan, melihat kepopuleran industri dan pasar dari teknologi tersebut, Huawei juga tampaknya tertarik ingin terjun. Dilansir dari laman Wccftech (12/2), ada bocoran terkait dengan perangkat yang akan segera diluncurkan oleh perusahaan tersebut, yang dipercaya dinamai Huawei Vision.

Mantan direktur pemasaran Meizu, Li Nan, menyatakan bahwa pesaing Apple Vision Pro tersebut memiliki berat 350 gram, membuatnya jauh lebih ringan daripada headset AR Apple yang mencapai 600 gram. Hal ini mungkin akan membuat pengguna lebih nyaman saat memakainya.

Huawei Vision juga dikatakan menampilkan panel mikro-OLED Sony 4K, yang berpotensi memberikan pengalaman mendalam yang sama seperti Apple Vision Pro. Di atas kertas, kedua headset tampak serupa dalam spesifikasi perangkat keras, namun perbandingan mendalam menunjukkan bahwa hal tersebut tidak terjadi.

Perbedaan yang paling mencolok adalah Huawei Vision tidak memiliki EyeSight, yang merupakan fitur utama dari Apple Vision Pro yang membuat simulasi mata pemakainya sehingga orang lain dapat berinteraksi dengannya sambil berdiri atau duduk bersebelahan. 

Area lain di mana Apple Vision Pro mungkin memiliki keunggulan adalah kombinasi chipset M2 dan R1. Rumor mengklaim bahwa Huawei bermaksud menggunakan chip yang dikembangkan sendiri untuk headset AR mereka.

Menurut rumor, perusahaan asal Tiongkok tersebut dan dan mitra produsen chipset mereka, SMIC, sedang mendorong produksi chip 5nm paling cepat pada akhir tahun ini. Pesaing Apple Vision Pro di masa depan ini juga dikabarkan memberikan pengalaman yang nyaris tanpa jeda, namun dengan asumsi bahwa perangkat dilengkapi dengan Kirin 9000S, kemungkinan resolusi 4k akan ditiadakan.

Namun, hingga berita ini ditulis, masih belum diketahui kapan Huawei akan meluncurkan perangkat ini dan berapa harga yang akan ditawarkan kepada para penggunanya.

Share
×
tekid
back to top