sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Rabu, 24 Jun 2020 10:39 WIB

Huawei punya paten kamera di balik layar

Huawei akhirnya memperoleh paten untuk teknologi kamera di balik layar. Tidak hanya itu, paten tersebut menunjukkan adanya tombol virtual di bagian sisinya.

Huawei punya paten kamera di balik layar
Source: Let's Go Digital

Huawei dikenal sebagai merek sebuah smartphone dengan kemampuan kamera yang patut diandalkan. Tidak ayal, inovasi kamera kembali diberikan di flagship terbarunya yang ada saat ini, yakni Huawei P40 series. Kendati begitu, Huawei tampaknya akan memberikan inovasi lain dalam produknya yang akan datang.

Dalam sebuah bocoran terbaru, terungkap kalau Huawei memiliki paten untuk teknologi kamera di balik layar dan tombol virtual pada bagian sisi smartphone-nya. Paten ini sebenarnya sudah diajukan sejak 2019 lalu ke CNIPA, namun baru mendapat persetujuan di awal bulan ini. 

Tidak hanya itu, paten ini juga diajukan ke WIPO (World Intellectual Property Office). Di dalam paten itu, termuat 14 gambar dari dua smartphone berbeda. Kendati begitu, keduanya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Dilansir dari Let’s Go Digital (24/6), model A dalam paten itu menunjukkan sebuah perangkat dengan bezel yang sangat tipis di bagian depan. Tidak tampak adanya kamera depan, atau mekanisme kamera pop up di sana. Dengan kata lain, desain ini mengindikasikan adanya kamera di balik layar smartphone tersebut. 

Salah satu hal yang menarik dari desain tersebut adalah sebagian kecil layar yang memanjang sampai menyentuh bagian belakang smartphone ini. Bagian inilah yang akan menjadi tempat bagi tombol virtual. Setidaknya akan terdapat tombol power, volume dan kemungkinan beberapa fungsi lainnya. 

Sementara itu, yang membedakan kedua model ini hanyalah besar sebagian layar lengkung pada sisinya. Pada model B, layar melengkung itu hanya sampai pada bagian sisi smartphone saja, tidak sampai menyentuh bodi belakangnya. Sisanya, tampak sama dengan model A. 

Sampai saat ini, belum ada detail lanjutan mengenai paten yang dimiliki Huawei tersebut. Kendati baru sebatas paten, ada kemungkinan kalau Huawei akan benar-benar menggunakan paten ini. Pasalnya, vendor ini dikenal suka bereksperimen dengan kemampuan kamera di produk-produknya.

Share
×
img
×
tekid
back to top