sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Jumat, 24 Apr 2020 12:52 WIB

Huawei pastikan smartphonenya dapat update contact tracing 

Huawei memastikan kalau smartphone buatannya akan tetap mendapatkan update contact tracing dari Google, setidaknya hal itu berlaku bagi ponsel yang meluncur sebelum perusahaan itu masuk daftar hitam.

Huawei pastikan smartphonenya dapat update contact tracing 
Source: Shutterstock

Sistem contact tracing milik Google dan Apple sebentar lagi akan tiba. Sistem ini nantinya akan digunakan oleh sejumlah aplikasi kesehatan untuk menekan penyebaran corona. Pada tahap yang lebih lanjut, Google dan Apple akan membenamkan sistem ini di sistem operasinya masing-masing. Artinya, pengguna Android dan iOS dapat mengaktifkan sistem ini dengan mudah di menu pengaturan ponsel. 

Berkenaan dengan itu, Huawei mengungkapkan bahwa sebagian besar smartphone buatannya akan mampu menjalankan sistem contact tracing yang dikembangkan Google. Hal ini akhirnya menjawab pertanyaan yang mungkin muncul karena saat ini, smartphone terbaru Huawei tidak memiliki layanan Google di dalamnya. 

Dilansir dari TechRadar (24/4), semua smartphone Huawei yang meluncur sebelum perusahaan ini masuk entity list AS dipastikan akan mendapatkan update untuk menggunakan sistem ini. Artinya, sampai pada Huawei P30 series, smartphone buatan Huawei masih mendapatkan update dari Google. 

Namun, hal itu tidak berlaku bagi produk yang meluncur setelahnya, yang notabene tidak memiliki dukungan layanan Google. Setidaknya ada dua seri yang mengalami nasib serupa, yakni Huawei Mate 30 series dan Huawei P40 series. 

Sebelumnya Google menyatakan kalau update tersebut akan diterima pengguna melalui Google Play Store. Nah, untuk kasus seperti Mate 30 dan P40, Google punya skenario lain. Perusahaan ini akan membagikan framework yang dapat diakses oleh Huawei. Kemudian perusahaan Tiongkok itu dapat mereplikasi framework tersebut agar layanannya dapat berjalan meski tanpa dukungan layanan Google. 

Dengan kata lain, seharusnya smartphone yang tidak memiliki layanan Google seperti Huawei Mate 30 dan P40 akan tetap dapat merasakan manfaat dari sistem ini. 

Share
back to top