Huawei mulai kembangkan Kirin 990

Orang-orang yang terlibat dalam industri tersebut mengklaim mereka telah menginvestasikan sekitar CNY200 juta (Rp422 miliar) untuk melakukan penelitian dan pengembangan.

Huawei mulai kembangkan Kirin 990 Ilustrasi: Pexels

Huawei telah mengenalkan chipset Kirin 980 dengan fitur artificial intelligence (AI) dan kecepatan download 1,4 Gbps pada bulan September lalu. Platform ini digunakan di smartphone Mate 20 Series dan kemungkinan akan hadir pada Huawei P flagship mendatang. Prosesor ini menggunakan GPU Mali G76 720Mhz. Performa GPU ini diklaim mencapai 48 lebih tinggi  dan memiliki efisiensi daya 178 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Dilansir dari GSM Arena (9/11), meski platform Kirin 980 terbilang masih baru, pabrikan asal China tersebut sudah mengerjakan persiapan prosesor Kirin 990. Dilaporkan bahwa chipset mendatang tersebut akan dibuat oleh TSMC yang juga memiliki basis fabrikasi 7nm. Orang-orang yang terlibat dalam industri tersebut mengklaim mereka telah menginvestasikan sekitar CNY200 juta (Rp422 miliar) untuk melakukan penelitian dan pengembangan.


BACA JUGA

Smartphone lipat Huawei bakal tampil dengan layar 8 inci

Huawei segera orbitkan Xiaoyi ke kancah internasional

Huawei bakal rilis smartphone empat kamera dengan 10x zoom


Seperti yang diketahui Kirin 980 adalah chipset pertama yang dibuat dalam proses 7nm dengan core Cortex-A76 pertama. Meski Kirin 990 akan memiliki arsitektur yang sama, termasuk jumlah transistor dan tingkat konsumsi daya, ia akan memiliki sesuatu untuk diklaim sebagai yang pertama kali, modem balong 5000, yang tersertifikasi untuk kecepatan 5G. Tampaknya produksi dimulai pada kuartal pertama 2019, dan saat itu juga informasi yang lebih mendetil akan muncul ke permukaan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: