sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
Jumat, 23 Okt 2020 13:40 WIB

Kamera Huawei Mate 40 Pro punya performa terbaik versi DXOMark

Kualitas terbaik pada pengujian Photo jatuh pada Exposure dengan skor 109. Performa auto exposure memiliki tampilan yang seimbang hingga kondisi cahaya yang sangat rendah.

Kamera Huawei Mate 40 Pro punya performa terbaik versi DXOMark
Source: DXOMark

Huawei baru saja mengumumkan ponsel seri Mate 40 yang masuk ke dalam kelas flagship. Seri ponsel terbaru ini terdiri dari 3 model: Mate 40, Mate 40 Pro dan Mate 40 Pro+. Kebetulan Huawei Mate 40 Pro sudah menerima skor kamera dari DXOMark dan berhasil menduduki posisi teratas. Artinya, ponsel tersebut memiliki kualitas kamera terbaik versi DXOMark dan berhasil mengambil takhta Xiaomi Mi 10 Ultra.

Kamera belakang Mate 40 Pro dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama berlensa lebar dengan resolusi 50 MP (f/1.9). Kemudian ada pula kamera lensa telefoto periskop 12 MP yang menawarkan zoom optik 5x (f/3.4). Kamera terakhir dilengkapi lensa ultra lebar 20 MP (f/1.8). Dengan seluruh kombinasi ini, ponsel tersebut berhasil menorehkan angka 136 poin.

Poin tersebut terdiri dari nilai rata-rata untuk pengujian Photo, Zoom, dan Video yang masing-masing mendapatkan skor 140 poin, 88 poin dan 116 poin. Kualitas terbaik pada pengujian Photo jatuh pada Exposure dengan skor 109. Performa auto exposure memiliki tampilan yang seimbang hingga kondisi cahaya yang sangat rendah. Selain itu, Mate 40 Pro juga mampu mempertahankan rentang dinamis (dynamic range) yang luas dalam kondisi cahaya rendah. Ini merupakan sesuatu yang sulit dihadapi oleh sebagian besar pesaingnya.

Mate 40 Pro sangat mengesankan dalam melakukan pengambilan gambar pada kondisi cahaya rendah. Hasilnya menampilkan lebih banyak detail di area gelap tanpa menghadirkan over-exposure pada area terang.

Ponsel ini juga memiliki skor pengujian warna yang tinggi. Kualitas warna yang diberikannya telah meningkat jika dibandingkan dengan P40 Pro, yang sering menunjukkan hasil warna dalam berbagai kondisi cahaya, terutama dalam cahaya redup. Pada Mate 40 Pro, white balance akurat di hampir semua kondisi cahaya dan warna.

Berkat lensa model periskop, Mate 40 Pro mampu melakukan zoom optik 5x. Oleh karena itu, nilai yang diberikan untuk sub-skor telefoto cukup tinggi dengan 121 poin. Sebagai catatan, semakin tinggi focal length maka semakin tinggi pula kemungkinan untuk bergoyang akibat gerakan tangan saat memotret (focal-length lensa periskop Mate 40 Pro adalah setara 125 mm pada format kamera 35 mm). Namun berkat kualitas OIS yang andal, hasilnya tetap terlihat tajam.

Dengan skor Video 166 poin, Mate 40 Pro juga menempati posisi teratas dalam kategori perekaman gambar. Rekaman beresolusi 4K dari ponsel Huawei tersebut menunjukkan detail yang bagus dan tingkat gangguan noise yang sangat minim di semua situasi. Warna videonnya juga terlihat bagus, dan sistem auto white balance (AWB) bekerja dengan baik dan menyesuaikan secara halus pada perubahan kondisi pencahayaan sekitar.

Share
×
tekid
back to top