sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Senin, 03 Jun 2024 07:07 WIB

Huawei kenalkan sensor canggih untuk pantau lansia di rumah

Huawei telah meluncurkan gadget rumah pintar (smart home) baru yang menggunakan teknologi radar gelombang milimeter untuk memantau kesehatan dan kesejahteraan pengguna.

Huawei kenalkan sensor canggih untuk pantau lansia di rumah

Huawei telah meluncurkan gadget rumah pintar (smart home) baru yang menggunakan teknologi radar gelombang milimeter untuk memantau kesehatan dan kesejahteraan pengguna. Sensor kesehatan berbantuan AI, dengan harga 1.399 yuan (Rp 3 juta)), menawarkan serangkaian fitur yang dirancang untuk membuat kita tetap aman dan nyaman di rumah.

Dilansir dari Gizmochina (3/6), sensor ini menawarkan tiga area deteksi utama: jatuh, terjatuh di tempat tidur, dan tidur. Teknologi ini dapat mengidentifikasi postur, posisi, dan laju pernapasan manusia secara komprehensif, sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi mereka yang mengkhawatirkan orang-orang tercinta yang lanjut usia atau ingin meningkatkan kebiasaan tidur mereka.

Salah satu fitur paling menonjol adalah deteksi jatuh. Sensor ini dapat dengan cerdas membedakan jatuh di kamar mandi dan kamar tidur, memicu peringatan melalui berbagai saluran (panggilan telepon, SMS, dan push notification) ke kontak yang ditunjuk. Hal ini memungkinkan adanya intervensi cepat jika terjadi keadaan darurat.

Selain mendeteksi jatuh, sensor juga dapat memantau pola tidur dan mendeteksi ketidakhadiran di tempat tidur dalam waktu lama. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi masalah kesehatan. Pengguna juga dapat mengatur rencana tidur dan menerima peringatan jika orang lanjut usia tidur dalam waktu yang sangat lama atau bangun pada jam yang tidak biasa.

Sensor ini terintegrasi secara sempurna dengan solusi cerdas menyeluruh milik Huawei. Ia menawarkan kemampuan persepsi gerakan mikro, memungkinkan deteksi kehadiran manusia secara tepat bahkan selama gerakan halus seperti bernapas. Hal ini memungkinkan fitur seperti penyesuaian cahaya otomatis berdasarkan hunian, menciptakan lingkungan yang nyaman dan hemat energi.

Smart home tersebut secara cerdas menyaring gangguan dari objek seperti penghisap debu robotik, memastikan deteksi akurat dan mencegah alarm palsu. Huawei juga mengutamakan privasi pengguna. Teknologi radar gelombang milimeter memastikan tidak ada gambar atau suara yang terkumpul, menjadikannya solusi aman untuk pemasangan di seluruh rumah.

Namun penting untuk diingat bahwa sensor ini dimaksudkan sebagai perangkat deteksi tambahan dan tidak dapat menjamin keamanan sepenuhnya. Selain itu, ini bukan perangkat medis dan tidak dapat mendiagnosis atau mengobati kondisi medis.

Sensor ini memiliki jangkauan maksimum 25 meter persegi dan saat ini terbatas pada deteksi satu orang. Huawei menyarankan untuk tidak menggunakan sensor ini di rumah yang terdapat hewan peliharaan, karena pergerakan hewan tersebut dapat memicu alarm palsu.

Share
×
tekid
back to top