sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 06 Mar 2023 14:30 WIB

Huawei dituduh melacak pengunjung MWC, perusahaan menyangkalnya

Huawei telah dituduh melacak para pengunjung melalui lencana keamanan di ajang MWC 2023, ini tanggapan perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Huawei dituduh melacak pengunjung MWC, perusahaan menyangkalnya

Tuduhan baru-baru ini terhadap Huawei telah menciptakan kehebohan di industri teknologi, dan banyak peserta MWC 2023 tidak senang dengan situasi tersebut. Perusahaan tersebut dituduh melacak pengunjung yang mengunjungi stan-nya di acara teknologi paling signifikan, MWC 2023, yang diadakan di Barcelona. Tuduhan terhadap perusahaan ini bukanlah hal baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Huawei telah dianggap sebagai ancaman keamanan nasional di Amerika Serikat karena kedekatannya dengan pemerintah Tiongkok.

Dilansir dari Gizmochina (6/3), tuduhan terhadap alat pelacak Huawei muncul ketika beberapa pengunjung gagal mengembalikan lencana keamanan mereka, yang diperlukan untuk mengakses stan Huawei. Setelah diselidiki lebih lanjut, ditemukan bahwa wadah plastik lencana berisi alat pelacak yang tampak mencurigakan seperti tracker.

Wakil Presiden Senior Nokia Eropa yang baru, Rolf Werner, membongkar lencananya dan memajang sirkuit yang dapat digunakan sebagai pelacak. Kemungkinan bahwa Huawei menggunakan teknologi Beacon berdaya rendah untuk melacak pengunjung juga telah dibahas.

Huawei membantah tuduhan tersebut, dan juru bicara perusahaan mengatakan, “Lencana Huawei hanya digunakan di stan dan dikembalikan saat pengunjung keluar. Tidak perlu melacak lokasi.”

Perusahaan itu juga menyebutkan penggunaan frekuensi radio (RFID) di bagian belakang lencana dan teknologi Bluetooth dilakukan untuk mengumpulkan waktu swiping, informasi lokasi real-time, dan informasi waktu kunjungan pemegang lencana di dalam area pameran Huawei. Informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk menganalisis keseluruhan minat para undangan terhadap produk mereka untuk meningkatkan kualitas layanan. Huawei menambahkan bahwa mereka akan melindungi informasi yang dikumpulkan sesuai dengan kebijakan privasi.

GSM Association (GSMA), yang menyelenggarakan MWC, berkomentar bahwa kemungkinan alat pelacak adalah tuduhan serius, dan mereka sedang menyelidiki masalah tersebut. Tuduhan terhadap Huawei tidak terlihat baik untuk perusahaan saat ini, karena klarifikasi tanggapan mendalam belum keluar. Sementara Huawei sukses di industri ponsel, tuduhan terhadap masalah keamanan perusahaan telah menjadi masalah besar. Huawei perlu memberikan tanggapan yang lebih rinci untuk memperjelas tuduhan baru-baru ini terhadap mereka.

Share
×
tekid
back to top