sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 16 Sep 2022 17:14 WIB

HP kenalkan robot yang bisa memudahkan proses konstruksi gedung

HP telah mengumumkan robot yang dapat menggantikan proses tata letak situs manual menjadi dilakukan secara otomatis dan cepat.

HP kenalkan robot yang bisa memudahkan proses konstruksi gedung

HP telah membuat robot kecil yang dikatakan dapat mempercepat pekerjaan konstruksi secara signifikan. Hal ini dilakukan dengan mencetak garis pandu secara otomatis langsung dari cetak biru ke lantai. Robot ini diberi nama Siteprint, yang diklaim memiliki desain kuat, layak jalan,dan sangat akurat.

Robot buatan HP ini diinformasikan mampu menggantikan proses manual tata letak situs yang memakan waktu, dengan menggunakan tinta yang berbeda untuk menempatkan garis, kurva dan reproduksi yang tepat dari bentuk kompleks pada semua jenis lantai, dari permukaan berpori seperti beton dan kayu lapis hingga teraso, serta vinil.

Dilansir dari New Atlas (16/9), Siteprint tidak memerlukan lantai yang sangat halus atau bersih, robot ini dapat menangani tingkat ketidakteraturan permukaan dan rintangan hingga ketinggian 2 cm. HP menyematkan sensor hambatan dan sensor lainnya pada Robot untuk operasi yang sepenuhnya otonom, dan akan mengatasi hambatan bahkan jika itu tidak ada dalam rencana.

Selain garis tata letak, ia juga mampu mencetak apa pun yang dibutuhkan di lantai, termasuk catatan teks. Operator mengaturnya menggunakan alat berbasis cloud untuk persiapan pekerjaan, manajemen armada, dan pelacakan; serta dapat menjalankannya di lokasi dengan tablet layar sentuh dan ‘totalstation’ yang dipasang di tripod.

“Proses tata letak manual yang ada saat ini bisa jadi lambat dan memerlukan banyak pekerja,” kata Albert Zulps, Director of Emerging Technology – perusahaan konstruksi dan pengembangan global yang saat ini menggunakan sistem Siteprint untuk dua proyeknya di AS. “Meskipun dilakukan oleh spesialis, selalu ada risiko kesalahan manusia, yang dapat mengakibatkan pengerjaan ulang yang mahal.”

Meski HP belum mengumumkan harganya, diperkirakan bahwa robot pencetak lantai itu dihargai dengan label cukup murah. Namun, tinta yang digunakannya akan berharga sangat mahal.

Share
×
tekid
back to top