HP kembangkan model bisnis sewa menyewa di Indonesia

HP Managing Director of Indonesia David Tan menyebut para penggelut UMKM dan startup memiliki kebutuhan yang berbeda dengan perusahaan besar.

HP kembangkan model bisnis sewa menyewa di Indonesia HP Managing Director of Indonesia David Tan

HP tampaknya sedang mengembangkan model bisnis terbaru di Indonesia. Bukan menjual produk, kini HP semakin tertarik untuk mengembangkan model sewa menyewa alat bagi perusahaan di Indonesia.

Hal ini diungkapkan langsung olah HP Managing Director of Indonesia, David Tan pada sesi wawancara selepas peluncuran seri Work-Life 360 di Jakarta, Kamis (6/12). Dia menyebut hal ini terjadi karena adanya pergeseran budaya bekerja di Indonesia.


BACA JUGA

Sasar UMKM, HP Boyong 8 perangkat sekaligus

Laptop convertible pendukung youtuber

HP Spectre yang baru, cocok untuk fofografer


“Saat ini kan Indonesia semakin banyak bermunculan UMKM dan startup. Jadi, kebutuhan mereka pun berbeda,” kata David.

Para penggelut UMKM dan startup cenderung enggan membeli produk. Alasannya karena saat mereka berkembang, mereka akan mengganti perangkat yang dimiliki.

“Oleh karena itu, kami membawa layanan devices service ini. Sebenarnya, konsep ini juga bukan sebuah konsep yang baru lagi,” lanjutnya.

Sayang, saat ini model bisnis mereka baru hanya menyewakan peralatan-peralatan khusus saja, seperti printer. Namun, ke depannya tidak menutup kemungkinan mereka memberikan lebih banyak pilihan perangkat bagi UMKM dan startup.

“Saat ini kami sedang dalam pembicaraan dengan salah satu co-working space di Indonesia. Kami akan menyediakan sebuah kantor sewaan yang akan menggunakan peralatan sewa dari HP. Jadi mereka yang menyewa di kantor tersebut dapat menggunakan perangkat yang sudah disediakan,” ujarnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: