sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
Selasa, 02 Mar 2021 10:53 WIB

Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio kerja sama buat baterai swappable

Baterai swappable ini akan sangat berguna untuk sepeda dan skuter komuter yang berukuran lebih kecil.

Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio kerja sama buat baterai swappable
Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Empat pabrikan besar telah berkomitmen untuk mengembangkan sistem standar baterai yang dapat ditukar (swappable) untuk sepeda motor listrik. Ini membuka kemungkinan baterai yang diperlukan dapat bertukar cepat di bengkel dalam melayani berbagai merek dan model.

Dilansir dari New Atlas (2/3), keempat perusahaan tersebut adalah Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio. Mereka diinformasikan telah menendatangani kontrak, dan grup perusahaan ini telah mengeluarkan undangan terbuka bagi pabrikan lain untuk ikut serta ke dalam inisiatif itu.

Jangkauan dan waktu pengisian daya masih menjadi momok bagi sepeda motor listrik, yang tidak dapat membawa paket paterai besar seperti yang ada di mobil listrik. Inisiatif ini tampaknya bukan untuk menghasilkan sistem yang mampu membawa pengendara sepeda motor listrik melakukan turing ke berbagai kota. Baterai swappable dari keempat perusahaan itu menawarkan jarak 160 km untuk sekali isi ulang.

Sebaliknya, baterai swappable ini akan sangat berguna untuk sepeda dan skuter komuter yang berukuran lebih kecil, memberi orang yang tidak memiliki titik pengisian daya khusus di rumah atau kantor dengan cara yang lebih sederhana dan cepat untuk mengisi daya. Dan juga akan berguna di segmen off-road, di mana sepeda motor dapat dibuat ringan dan menyenangkan dengan baterai relatif kecil yang dapat ditukar dengan sangat mudah.

“Tujuan konsorsium ini adalah menentukan spesifikasi teknis standar dari sistem baterai swappable untuk kendaraan yang termasuk dalam kategori L; moped, sepeda motor, sepeda roda tiga, dan roda empat. Konsorsium akan memulai kegiatannya pada Mei 2021. Keempat anggota pendiri mendorong semua pemangku kepentingan yang berminat untuk bergabung kerjasama untuk memperkaya keahlian”, kata Honda.

Share
×
tekid
back to top