sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 15 Des 2021 16:25 WIB

Honda uji coba sistem pemantauan marka jalan dengan GPS

Sistem itu menangkap kondisi jalan menggunakan kamera kendaraan dan sensor lainnya, mengkoordinasi informasi tersebut dengan GPS.

Honda uji coba sistem pemantauan marka jalan dengan GPS

Tetap berada di jalur yang benar akan lebih mudah ketika kita tahu berapa banyak jalan yang harus digunakan. Sayangnya, marka jalan dan garis penanda di jalan raya ada yang mulai memudar dan rusak. Sebuah program percontohan baru dari Honda Research Institute USA suatu hari nanti dapat membantu departemen jalan raya dan lalu lintas setempat mengawasi lebih dekat keadaan jalan, menggunakan mobil-mobil yang melintas di atasnya.

Honda Road Condition Monitoring System memanfaatkan kamera dan sistem navigasi GPS yang telah ditemukan di banyak mobil saat ini untuk memantau kondisi jalan secara real-time dan mendeteksi potensi bahaya. Sistem terintegrasinya akan mengevaluasi setiap bentangan penanda jalur sebagai hijau, kuning, abu-abu, dan merah. Hijau dan kuning menunjukkan marka jalan yang ideal atau berkualitas baik, sedangkan merah menunjukkan marka jalan yang perlu diperbaiki dan abu-abu berarti tidak ada marka sama sekali.

Dilansir dari Engadget (15/12), sistem itu menangkap kondisi jalan menggunakan kamera kendaraan dan sensor lainnya, mengkoordinasi informasi tersebut dengan GPS untuk memberikan lokasi yang tepat dari setiap bahaya atau kerusakan, dan kemudian mengunggah data itu ke server yang aman. Setelah data ada di cloud, departemen jalan raya dan transportasi lokal akan dapat mengaksesnya melalui portal web untuk melihat bagian mana yang perlu diperbaiki atau dicat ulang paling mendesak.

“Kami secara teratur memeriksa jalan raya kami di seluruh Ohio dan bertindak cepat untuk mengatasi masalah apa pun, seperti marka trotoar yang pudar atau rusak, yang teridentifikasi. Ini adalah proses yang padat karya. Marka trotoar yang baik penting bagi pengemudi hari ini dan kendaraan masa depan. kami sedang bekerja sama dengan Honda untuk meningkatkan prosesnya,” kata Direktur Departemen Transportasi Ohio, Jack Marchbanks.

Honda bekerja sama dengan Departemen Transportasi Ohio untuk program percontohan mendatang, yang dijadwalkan akan dimulai awal tahun depan. Selama studi itu, jelas hanya kendaraan Honda tertentu yang akan merekam data. Lembaga penelitian tersebut pada akhirnya ingin menghubungkan seluruh armada kendaraan Honda dan Acura, memungkinkan mereka untuk berbagi data melalui jaringan V2V (kendaraan-ke-kendaraan) dan memberikan pembaruan real-time ke sistem mereka.

Share
×
tekid
back to top