sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 30 Agst 2022 11:21 WIB

Honda dan LG kerja sama bangun pabrik baterai mobil listrik

Ada sebuah laporan yang mengatakan bahwa Honda dan LG melakukan kerja sama untuk membangun pabrik baterai mobil listrik.

Honda dan LG kerja sama bangun pabrik baterai mobil listrik
Ilustrasi: Pexels

Honda telah membuat langkah besar dalam beberapa bulan terakhir untuk mengalihkan fokusnya ke pasar kendaraan listrik. Pada bulan Maret tahun ini, mereka bekerja sama dengan Sony untuk mengungkapkan aliansi bersama dalam memproduksi kendaraan listrik pada tahun 2025. Honda juga berkolaborasi dengan GM untuk memproduksi mobil listrik terjangkau pada tahun 2027. Di luar itu, perusahaan otomotif tersebut juga akan memperkenalkan kendaraan listrik pertamanya ke pasar AS pada 2024, Honda Prologue.

Bukan rahasia lagi bahwa pengumuman terkait mobil listrik Honda dalam beberapa bulan terakhir adalah bagian strategi besarnya untuk memproduksi 100% mobil tanpa emisi pada tahun 2040. Pada bulan April, perusahaan tersebut berjanji untuk mengumumkan untuk menghabiskan USD40 miliar untuk armada listriknya di dekade mendatang. Namun, Honda belum selesai, mereka baru-baru ini mengungkapkan strateginya untuk mendominasi pasar kendaraan listrik dan memecahkan masalah terbesar yang dihadapi sebagian besar produsen mobil listrik di AS.

Dilansir dari Slash Gear (30/8), Honda mengumumkan kerja sama dengan LG Energy Solution untuk menginvestasikan USD4,4 miliar di pabrik produksi baterai lithium-ion di AS. Setelah pabrik beroperasi, diharapkan menghasilkan kapasitas baterai 40 GWh setiap tahun untuk memenuhi permintaan model mobil listrik yang akan datang seperti Honda Prologue dan Acura Precision.

“Sejalan dengan komitmen lama kami untuk membangun produk yang dekat dengan pelanggan, Honda berkomitmen untuk pengadaan baterai kendaraan listrik lokal yang merupakan komponen penting dari kendaraan listrik”, kata CEO dan Presiden Honda, Toshihiro Mibe.

Lantaran kendaraan listrik Honda akan menggunakan baterai lithium yang diproduksi di AS, mobil listriknya dapat memenuhi syarat untuk kredit pajak hingga USD7.500 berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi. Ini akan memberi Honda keunggulan kompetitif karena sebagian besar pabrikan kendaraan listrik memproduksi baterai mereka di luar AS tidak memenuhi syarat untuk potongan pajak tersebut.

Honda belum mengungkapkan lokasi pabrik tersebut dengan LG, tetapi Nikkei Asia melaporkan bahwa itu mungkin di Ohio. Honda sudah memiliki fasilitas manufaktur yang mapan di Ohio, dan pabrik produksi baterai mobil listrik yang dekat dengannya akan lebih mudah. Dilaporkan juga bahwa Honda akan memiliki 49% dalam usaha patungan itu, sementara LG Energy Solution akan menguasai 51%.

Share
×
tekid
back to top