sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Rabu, 17 Nov 2021 08:39 WIB

Hindari bot, Instagram uji fitur verifikasi wajah

Berdasarkan cuitan salah satu pengguna, tangkapan layar menunjukkan Instagram meminta video wajah dari berbagai sudut untuk membuktikan bahwa pengguna adalah orang yang nyata.

Hindari bot, Instagram uji fitur verifikasi wajah
Source: Dormakaba

Instagram dilaporkan sedang menguji fitur keamanan baru, yakni verifikasi melalui video selfie. Verifikasi ini membutuhkan wajah pengguna dari berbagai sudut untuk memastikan bahwa mereka adalah orang asli, menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh konsultan media sosial Matt Navarra. 

Seperti diketahui, jejaring sosial ini sudah lama berjuang untuk memberantas akun bot, yang biasanya mengirimkan pesan spam, melecehkan orang, atau digunakan untuk meningkatkan jumlah suka atau pengikut secara artifisial. Melalui fitur ini, Meta mungkin sedang berupaya mengekang prevalensi bot di platform-nya.

Menurut XDA Developer yang dikutip dari The Verge (17/11), perusahaan mulai menguji fitur tersebut tahun lalu. Namun, mengalami masalah teknis. Di samping itu, beberapa pengguna juga melaporkan diminta mengambil video selfie, untuk memverifikasi akun mereka. Ini menunjukkan, fitur sudah dirilis ke sebagian pengguna sebagai uji coba. 

Berdasarkan cuitan dari akun Twitter pengguna lainnya, tangkapan layar menunjukkan Instagram meminta video wajah dari berbagai sudut untuk membuktikan bahwa pengguna adalah orang yang nyata.

Langkah ini mungkin mengejutkan beberapa orang, mengingat pengumuman Meta baru-baru ini akan mematikan salah satu fitur Pengenalan Wajahnya. Namun, seperti yang telah ditegaskan kembali oleh perusahaan, itu hanya mematikan fitur Facebook tertentu, bukan penggunaan pengenalan wajah milik Meta secara keseluruhan. 

Pesan di bagian bawah tangkapan layar juga menyiratkan fitur tersebut tidak akan menggunakan pengenalan wajah sama sekali dan bahwa video akan dihapus setelah 30 hari. Sayangnya, janji Meta untuk tidak menyimpan atau mem-posting data, mungkin sulit untuk dipercaya beberapa pengguna yang sudah tidak percaya pada Facebook.

Share
×
tekid
back to top