sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 02 Des 2022 15:07 WIB

Headset AR/VR mendatang Apple akan usung sistem operasi xrOS

Apple diinformasikan sedang menyiapkan perangkat mixed reality. Perangkat ini akan mendukung teknologi AR/VR dengan sistem operasi bernama xrOS.

Headset AR/VR mendatang Apple akan usung sistem operasi xrOS

Apple telah mengerjakan headset AR/VR mereka selama beberapa tahun ini. Dan jika sejumlah laporan terkait baru dapat dipercaya, maka mereka akan meluncurkan perangkat tersebut dalam beberapa bulan. Ada laporan seputar perangkat AR/VR itu yang didukung oleh sistem operasinya sendiri.

Sekarang, sesuai laporan terbaru, headset AR/VR dari Apple akan ditenagai oleh xrOS, yang merupakan sistem operasi khusus untuk headset mixed reality dari raksasa teknologi berbasis di Cupertino tersebut.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple telah memutuskan untuk memberi nama perangkat lunak yang mendukung headset augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) sebagai xrOS ketimbang RealityOS atau rOS yang dikabarkan sebelumnya.

Informasi baru tentang perangkat lunak ini datang pada saat raksasa teknologi tersebut diperkirakan sedang mempersiapkan peluncuran headset sekitar tahun 2023. Seiring dengan headset yang memiliki sistem operasi sendiri, ia juga akan memiliki toko aplikasi khusus, mirip dengan Apple TV dan Apple Watch.

Jika rumor tersebut dapat dipercaya, maka produk dari Apple tersebut akan menjadi perangkat mixed reality yang mirip dengan Microsoft HoloLens, yang akan mendukung augmented reality dan virtual reality. Dilansir dari Gizmochina (2/12), istilah XR adalah singkatan dari Extended Reality, yang mencakup augmented reality dan virtual reality.

Apple telah mendesain ulang beberapa aplikasinya seperti Maps dan Messenger untuk pengalaman yang lebih baik pada headset AR/VR, tetapi perusahaan ini juga mengembangkan Software Development Kit, yang memungkinkan pengembang pihak ketiga membuat aplikasi untuk platform baru.

Meskipun tidak ada informasi pasti tentang rencana peluncuran perangkat tersebut, beberapa laporan menunjukkan bahwa produk itu dapat dirilis pada paruh pertama tahun 2023 dan akan tersedia untuk dibeli mulai paruh kedua tahun 2023. Diperkirakan akan ada lebih banyak informasi lagi menjelang peluncurannya.

Share
×
tekid
back to top