sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Selasa, 16 Mei 2023 13:02 WIB

Hasselblad hentikan produksi kamera DSLR

Hasselblad dilaporkan telah menghentikan produksi kamera tipe DSLR. Perusahaan ini menghentikan sistem kamera H untuk fokus pada mirrorless.

Hasselblad hentikan produksi kamera DSLR

Hasselblad dilaporkan telah mengikuti jejak Canon dan Nikon dalam menghentikan kamera DSLR secara bertahap. Vendor pihak ketiga Capture Integration menyampaikan berita tersebut, mengatakan di blognya bahwa ia menerima pemberitahuan bahwa seluruh jajaran sistem Hasselblad H secara resmi dihentikan. Langkah tersebut meninggalkan Pentax dan Ricoh sebagai nama besar yang tersisa di kancah DSLR yang menyusut dengan cepat. Hasselblad belum mengonfirmasi kabar tersebut.

“Sementara kami telah merasakan sengatan ini selama 18 bulan terakhir karena kekurangan produk, hari ini kami menerima pemberitahuan resmi bahwa lini produk lengkap sistem Hasselblad H telah dihentikan secara resmi,” tulis Capture Innovation yang dilansir dari Engadget. "Semua produk (sistem H) sekarang secara resmi kehabisan stok dan Hasselblad tidak akan lagi menerima pesanan apa pun di lini H."

Artikel itu melanjutkan, “Sistem H masih sangat andal dan bekerja di banyak studio saat ini. Namun, saatnya untuk melihat penggantinya. Kami bahkan tidak bisa memesan grip baterai baru hari ini.” Vendor tersebut mencatat bahwa perbaikan di masa depan kemungkinan akan memakan waktu lebih lama dan semakin sulit.

Dilansir dari Engadget (16/5), banyak fotografer profesional telah bermigrasi ke kamera mirrorless (termasuk X2D Hasselblad yang luar biasa), membuat para penggemar DSLR tidak memiliki banyak pilihan. Model mirrorless semakin populer sejak kualitasnya mulai meningkat sekitar satu dekade lalu.

Mirrorless dianggap lebih praktis dari DSLR karena ukurannya yang lebih kecil, lebih ringan, dan shutter lebih senyap. Peluncuran seri H terakhir Hasselblad adalah sistem H6D pada tahun 2016.

Canon mengumumkan pada tahun 2021 bahwa EOS-1DX Mark III akan menjadi DSLR flagship terakhirnya, meskipun Canon akan terus memproduksi model terkini untuk saat ini. Sebuah laporan dari Juli lalu mengatakan Nikon akan mengikuti pendekatan serupa. Nikon membantah laporan tersebut tanpa menyangkal bahwa mereka memang akan meluncurkan model DSLR baru; orang dapat berspekulasi bahwa perusahaan tersebut berhati-hati secara strategis untuk menghindari penurunan penjualan model yang tersisa. Apa pun itu, hampir pasti kita tidak akan melihat model DSLR baru lainnya dari tiga nama terbesar dalam fotografi kelas atas tersebut.

Share
×
tekid
back to top