Hasil benchmark Ryzen 7 bocor, 12 Core dengan boost speed 3,7GHz

Dengan menggunakan teknologi fabrikasi 7nm, prosesor Ryzen seri 3000 milik AMD dapat meningkatkan performa single-threaded dan multi-threaded.

Hasil benchmark Ryzen 7 bocor, 12 Core dengan boost speed 3,7GHz AMD Zen 2 (Tom's Hardware)

Bocoran mengenai prosesor terbaru AMD, yakni Ryzen seri 3000 kembali mencuat. Kali ini, hasil benchmark yang diduga sebagai Ryzen 7 seri 3000 mencuat dengan beberapa detail yang cukup mencengangkan.

Dalam bocoran terbaru ini, diketahui AMD telah melakukan pengetesan terhadap prosesor yang memiliki 12 core 24 threads. Namun, dalam bocoran gambar benchmark tersebut, prosesor ini masih berupa produk prosesor sampel.


BACA JUGA

Skor benchmark Kirin 810 kalahkan Snapdragon 710 dan saingi Exynos 9810

Perlahan tapi pasti, AMD kuasai pasar Asia

A13 Bionic bakal punya kemampuan multi-core yang lebih baik


Wccftech (16/5/2019) melaporkan, prosesor sampel tersebut dipasangkan dengan motherboard dengan kode AMD Qogir-MTS. Belum diketahui, vendor mana yang digunakan oleh mereka untuk membuat motherboard tersebut.

Prosesor ini pun memiliki clock speed yang cukup standar, yakni 3,4GHz base dan 3,7GHz boost. Padahal, prosesor Intel saat ini sudah memiliki kecepatan clock boost mencapai 5GHz, meski hanya dapat berjalan di salah satu inti prosesornya.

Dalam pengetesan ini diketahui juga prosesor ini dipasangkan dengan memori DDR4 1600 MHz dan HDD 500GB. Yang menarik, performa dari prosesor ini dapat bersaing dengan prosesor AMD 12 core lain, yakni Threadripper 1920X.

Prosesor baru ini ternyata memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari Threadripper 1920X. Tapi di beberapa pengetesan, terutama pada operasi floating point, kecepatan clock prosesor tersebut sedikit lebih rendah dengan bandwidth memori yang jauh lebih rendah.

Hal ini dengan jelas menunjukkan bahwa Zen 2 membawa peningkatan IPC yang cukup tinggi. Tentu saja, hal ini memungkinkan chip baru untuk memberikan kinerja yang lebih baik per clock daripada pendahulunya. 

Ditambah dengan dikombinasikan bersama teknologi fabrikasi 7nm untuk memberikan kecepatan clock yang lebih tinggi daripada teknologi fabrikasi 14nm. Hal ini membuat performa single-threaded dan multi-threaded yang lebih baik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: