Hasil benchmark Playstation 5 empat kali lebih kuat dari PS4

Tidak jelas pula apakah PS5 yang diuji adalah unit sebenarnya, atau hanya perangkat versi pengembang.

Hasil benchmark Playstation 5 empat kali lebih kuat dari PS4 Source: Pexels

Tentu saja Sony merancang PlayStation 5 dengan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan PlayStation 4. Tetapi belum ada yang tahu persis seberapa kuat konsol baru ini nantinya. Tetapi bocoran benchmark terkini dari postingan Twitter APISAK memberikan ide kekuatan konsol milik Sony tersebut yang mengacu kepada nama Gonzalo.

Dilansir dari Digital Trends (29/6), skor benchmark yang dihasilkan PS5 adalah 20 ribu. Perbandingannya dengan PS4 non-pro, maka konsol terbaru itu memiliki kekuatan empat kali lipat. Skor yang lebih mendetil dari benchmark tidak diungkapkan, tetapi tampaknya adalah skor keseluruhan dari 3DMark Fire Srike, menurut Notebook Check.


BACA JUGA

Tagar #SaveSpiderMan trending di Twitter

Sony bakal perkenalkan PlayStation 5 awal 2020 mendatang

Sony baru bakal perkenalkan PlayStation 5 awal 2020


Tidak jelas pula apakah PS5 yang diuji adalah unit sebenarnya, atau hanya perangkat versi pengembang. Namun, dengan peluncuran PS5 yang belum jelas, kemungkinan skor benchmark berasal dari unit sampel yang belum final. Artinya, skor dapat berubah setelah produk akhir meluncur.

Notebook Check kemudian membandingkan skor benchmark PS5 dengan skor Nvidia Geforce RTX 2070, yang mencetak sekitar 22.170 poin di 3DMark Fire Strike. Tanpa skor tertentu, tidak mungkin untuk membuat perbandingan langsung antara keduanya. Menawarkan performa konsol mirip dengan performa RTX 2070 dan PC gaming sudah merupakan prestasi tersendiri.

Menurut Andrew Reiner dari Game Informer, PS5 dilaporkan lebih unggul dibandingkan dengan Microsoft Xbox generasi berikutnya (Project Scarlett). Kedua komponen konsol yang terungkap sangat mirip, tetapi tanpa detil lebih lengkap, masih terlalu dini untuk menentukan konsol mana yang lebih baik.

Tetapi dengan kehadiran cloud gaming yang membayangi melalui layanan seperti Google Stadia, masih harus dilihat bagaimana PS5 akan berkompetisi, bahkan dengan kekuatan hardware miliknya. Tanggal rilis PS5 diperkirakan sekitar 2020 dan 2021, jadi gamer harus agar bersabar.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: