sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 25 Mei 2021 13:06 WIB

HarmonyOS untuk smartphone hadir 2 Juni

HarmonyOS adalah sistem operasi terdistribusi yang dimiliki sepenuhnya oleh Huawei, yang terutama dirancang untuk mengurangi ketergantungannya pada Android.

HarmonyOS untuk smartphone hadir 2 Juni

Melalui Weibo, Huawei telah mengonformasi akan mengumumkan HarmonyOS 2.0 pada tanggal 2 Juni di Tiongkok. Meski sistem sudah tersedia untuk perangkat IoT dan TV, HarmonyOS (atau Hongmeng OS di Tiongkok) mendatang akan ditujukan untuk perangkat seperti ponsel dan tablet sebagai saingan untuk Android.

Di awal tahun 2019, Huawei mengklaim akan menjadi produsen ponsel terbesar di akhir tahun itu. Namun, pada Mei 2019, pemerintah AS menambahkan Huawei bersama dengan perusahaan Tiongkok lainnya ke Daftar Entitas, yang mencegah perusahaan-perusahaan ini bekerja dengan perusahaan berbasis di AS termasuk Google. Oleh karena itu, Huawei terus meluncurkan perangkat tanpa Google Mobile Services (GMS), yang sangat memengaruhi bisnisnya dan rencana untuk menjadi merek ponsel nomor 1.

Dilansir dari Gizmochina (25/5), pada Agustus 2019 Huawei mengumumkan HarmonyOS 1.0 sebagai alternatif Android. Seperti Android, HarmonyOS adalah proyek open source berbasis Linux. Awal tahun ini, ada laporan bahwa versi beta dari HarmonyOS mirip dengan Android 10. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa versi umum dari HarmonyOS 2.0 mungkin menawarkan pengalaman yang mirip dengan Android saat ini.

“HarmonyOS adalah sistem operasi terdistribusi yang dimiliki sepenuhnya oleh Huawei, yang terutama dirancang untuk mengurangi ketergantungannya pada Android dan memberikan lebih banyak kemampuan dan dukungan platform daripada sistem operasi ponsel yang ada,"  kata Huawei.

Huawei juga menargetkan untuk menginstal HarmonyOS pada 200 juta perangkat Huawei dan 100 juta perangkat dari produsen pihak ketiga tahun ini. Mengenai acara peluncuran 2 Juni, Huawei berspekulasi untuk mengumumkan beberapa perangkat lain seperti Huawei MatePad Pro 2 dan seri Watch 3.

Share
×
tekid
back to top