HarmonyOS resmi jadi sistem operasi smartphone besutan Huawei

CEO Huawei Business Consumer Group Richard Yu mengatakan di HDC, HarmonyOS siap berjalan pada smartphone.

HarmonyOS resmi jadi sistem operasi smartphone besutan Huawei (Foto: Twitter)

Sistem operasi smartphone Huawei rumornya akan disebut OS Hongmeng. Huawei berkilah dan mengatakan sistem operasi Hongmeng ditujukan untuk perangkat Internet of Things (IoT). Kini. terjawab bahwa sistem operasi Huawei untuk smartphone ialah HarmonyOS.

Sistem operasi itu diumumkan resmi dalam Huawei Developer Converence (HDC). Dalam ajang itu, CEO Huawei Business Consumer Group, Richard Yu mengatakan, HarmonyOS siap berjalan pada perangkat smartphone. Namun, dalam pertimbangan kemitraan dan ekosistem, Huawei belum akan menggunakan sistem operasi itu di smartphone. Dia menyatakan suatu saat nanti, ketika perusahaan tidak bisa menggunakan Android, HarmonyOS siap menjadi penggantinya.


BACA JUGA

Mengenal HarmonyOS, juru selamat Huawei

Huawei Mate 30 bakal bawa dukungan video 4K 60fps

Begini penampakan terbaru Huawei Mate X


Lebih lanjut Yu menjelaskan migrasi dari Android ke HarmonyOS hanya akan memakan waktu beberapa hari saja. Selain itu, HarmonyOS juga akan mendukung berbagai bahasa aplikasi termasuk Android, Linux dan HTML5. Dia pun mengungkapkan HarmonyOS seperti Android dimana konsepnya open source. Artinya pengembang bisa menggunakan HarmonyOS dan memodifikasinya pada perangkat mereka.

Dilansir Cnet (9/8), HarmonyOS untuk kali pertama akan berjalan pada TV pintar dan perangkat dengan "layar pintar" lainnya di akhir tahun ini. Di tahun-tahun mendatang, sistem operasi ini bermigrasi ke sistem infotainment mobil, atau perangkat wearable dan lainnya.

"HarmonyOS baru saja diumumkan di #HDC2019! Bagaimana kita akan membangun ekosistem dan pengalaman pintar dalam semua skenario? Bagaimana kita mengatasi tantangan OS masa depan untuk hal-hal yang terhubung? Tetap bersama kami," demikian cuitan Huawei Mobile di akun Twitter-nya.

Serupa dengan Apple di WWDC, Huawei juga mengungkapkan kelanjutan EMUI 10. Antarmuka ini kabarnya akan fokus pada kompatibilitas antar perangkat, dan bisa terintegrasi dengan TV pintar, laptop hingga drone.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: