sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Sabtu, 27 Jun 2020 11:23 WIB

Harga panel LCD naik, OLED jadi primadona

Harga LCD Open Cell 32 inci naik 6% bulan ini dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut di beberapa kuartal tahun ini.

Harga panel LCD naik, OLED jadi primadona
Source: LG Electronics Indonesia

Lantaran ada beberapa pabrikan ponsel seperti Realme, OnePlus, Xiaomi, dan lainnya; akhir-akhir ini pasar Smart TV menjadi semakin kompetitif. Saat ini banyak sekali pilihan produk TV dengan harga yang kompetitif, tetapi sebuah laporan baru menyatakan bahwa hal tersebut mungkin berubah di kuartal berikutnya.

Harga LCD Open Cell 32 inci naik 6% bulan ini dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut di kuartal berikutnya, sebagaimana dilaporkan oleh Business Korea. Tampaknya harga tersebut akan melewati batas 10% pada kuartal ketiga tahun 2020. Dilansir dari Gizchina (27/6), alasan kenaikan panel LCD adalah peningkatan produksi yang lebih banyak.

Beberapa perusahaan telah menambah stok panel LCD mereka karena penjualan yang lemah di kuartal pertama. Dalam kasus yang sama, produksi POLED dan OLED akan dilanjutkan pada kuartal berikutnya.

Namun, laporan itu menyatakan bahwa penurunan LCD akan terjadi pada kuartal pertama 2021. Pasokan global panel LCD 8G atau kenerasi yang lebih tinggi akan turun 9,7% dalam hal total area. Selain itu, Samsung Display, salah satu penyedia LCD terbesar di dunia akan menghentikan produksi panel-panel ini mulai tahun 2021. Harga panel TV LCD akan terus naik sepanjang tahun.

Dalam berita terkait, laporan itu menyatakan bahwa produksi panel TV OLED kini sedang dalam momentum penuh. Lini TV OLED di Guangzhou akhirnya berjalan pada kapasitas normal setelah satu tahun penundaan. Laporan tersebut menyatakan produksi panel TV OLED akan melonjak sebesar 41% menjadi 4,81 juta unit pada tahun 2020. Produksi itu akan menjapai 65,7% menjadi 7,97 juta unit pada tahun 2021. Pengiriman OLED untuk penggunaan ponsel akan tumbuh lebih dari tiga kali lipat.

Sumber tersebut menyatakan bahwa target harga LG Display akan meningkat sebesar 6,7%. Pertumbuhan TV OLED telah didorong secara tidak langsung oleh Covid-19. Rupanya, menontonn film di rumah menggunakan TV layar besar 65 inci ke atas telah muncul sebagai tren baru di tengah pandemi. Kini, permintaan untuk TV OLED 65 inci jauh lebih baik dari sebelumnya.

Share
back to top