sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 20 Okt 2020 09:52 WIB

Hands-on Poco X3 NFC yang resmi hadir di Indonesia

Di dalam kemasan penjualan Poco X3 NFC, Xiaomi menyediakan charger, kabel charger, pin untuk membuka slot kartu microSD/SIM, dan soft case untuk perlindungan tambahan ponsel.

Hands-on Poco X3 NFC yang resmi hadir di Indonesia

Xiaomi baru-baru ini secara resmi meluncurkan ponsel terbaru mereka di Indonesia. Ponsel ini adalah Poco X3 NFC yang menyasar kepada segmen kelas menengah. Meski demikian, perusahaan asal Tiongkok tersebut bukan hanya sekadar menghadirkan ponsel kelas menengah, karena menyebut Poco X3 NFC dengan julukan “The Real Mid-Range Killer”.

Dengan slogan tersebut, dapat dikatakan bahwa Xiaomi percaya diri jika perangkat yang baru saja dihadirkannya berbeda dengan ponsel kelas menengah lainnya. Sebagai informasi, Poco X3 NFC adalah ponsel Poco ketiga yang hadir di Indonesia. Perangkat pertama adalah Poco F1 pada 2018 lalu, disusul oleh Poco F2 Pro pada Juli 2020. Dan kali ini Xiaomi menargetkan Poco X3 NFC untuk pasar kelas menengah Indonesia.

Unboxing Poco X3 NFC

Di dalam kemasan penjualan Poco X3 NFC, Xiaomi menyediakan charger, kabel charger, pin untuk membuka slot kartu microSD/SIM, dan soft case untuk perlindungan tambahan ponsel. Charger yang hadir bersama Poco X3 NFC berukuran agak lebih besar dan memiliki warna oranye pada port untuk masuknya kabel. Port pada kabelnya juga berwarna oranye.

Kemungkinan charger yang berukuran agak besar dan memiliki aksen berwarna oranye di beberapa bagiannya adalah tanda bahwa Poco X3 NFC hadir dengan charger bersistem pengisian cepat atau fast charging. Sistem fast charging yang ada di ponsel terbaru itu memiliki daya 33W.

Unit Poco X3 NFC yang dicoba di sini memiliki warna biru. Kebanyakan orang kemungkinan besar langsung menyukai ponsel ini ketika pertama kali dibuka dari kemasannya. Meskipun hadir sebagai ponsel kelas menengah, tetapi bodi Poco X3 NFC tidak berkata demikian. Bagian belakangnya terasa dan terlihat seperti ponsel premium. Ditambah lagi ada garis tebal yang membujur dari atas ke bawah.

Garis tersebut bukan hanya sekedar terbuat dari garis tebal, karena tampil berkat garis-garis kecil diagonal sehingga tampilannya tidak datar. Bagian belakang ini ponsel dibuat dari bahan mengkilap, menjadikannya cukup menarik perhatian. Meski mengkilap, seluruh bodi Poco X3 NFC tidak terlalu licin di genggaman tangan.

Hal yang tidak kalah menarik dari Poco X3 NFC adalah hadirnya sertifikasi IP53 yang menandakan ponsel ini tahan terhadap cipratan air atau debu. Ini artinya kamu lebih bebas menggunakan ponsel ini hampir di mana pun, termasuk memotret ketika cuaca sedang hujan ringan.

Nuansa solid pada ponsel ini juga hadir berkat bingkai alumunium yang digunakannya. Bingkai ini dibuat sedemikian rupa agar tetap nyaman dipegang meski menggunakan satu tangan. Pada sisi sebelah kanan terdapat tombol volume dan tombol daya.

Karena tombol daya terintegrasi dengan sensor sidik jari, maka tombol ini dirancang berbentuk lebih datar sehingga dapat mendeteksi lebih banyak alur-alur sidik jari demi keamanan. Desain tombol daya yang datar juga sangat menguntungkan karena pengguna akan lebih cepat mengetahui di mana tombol akses volume dan di mana tombol daya. Ini juga memudahkan ketika pengguna ingin mengakses tombol volume tanpa melihatnya, misalnya ketika dimasukkan ke dalam saku celana.

Hal yang tidak kalah praktis dari tombol daya yang terintegrasi sensor sidik jari pada ponsel Poco X3 NFC adalah kamu dapat memilih untuk tidak menekan tombol daya dalam mengaktifkan layar ponsel ketika sensor sidik jari sudah diaktifkan. Atau, kamu bisa menekan tombol daya agar sensor sidik jari aktif dan membuka kunci layar ponsel. Secara default, kamu tidak perlu menekan tombol daya untuk mengakes sensor sidik jari.

Ukuran layar ponsel ini adalah 6,67 inci dengan aspect ratio 20:9 dan teknologi IPS agar warna yang dihasilkan tetap stabil meski dilihat dari sudut pandang lebar. Resolusi layar ini adalah 1080 x 2400 piksel atau Full HD+. Resolusi ini cukup tinggi dan membuat konten yang tampil pada layar terlihat tajam.

Satu lagi fitur yang patut diperhitungkan adalah bahwa layar Poco X3 NFC dilengkapi dengan refresh rate tinggi, yaitu 120 Hz. Dengan demikian, pergerakan konten dalam layar lebih mulus jika dibandingkan layar ponsel dengan refresh rate hanya 60 Hz. Secara default, layar ponsel ini sudah menggunakan refresh rate 120 Hz. Artinya, kamu tidak perlu melakukan penyesuaian kembali.

Tidak berhenti di situ saja, ada pula dukungan HDR10 yang menawarkan kontras lebih baik ketika menonton film yang juga mendukung format HDR. Dengan kecerahan 450 nit, kamu juga akan dapat melihat layar dengan jelas meski menggunakannya di bawah sinar matahari.

Kamera

Pada bagian belakangnya, Poco X3 NFC dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera. Masing-masing kamera tersebut adalah kamera utama dengan lensa lebar beresolusi 64 MP (f/1.89), kamera ultra lebar beresolusi 13 MP dengan sudut pandang 119 derajat (f/2.2), kamera makro beresolusi 2 MP (f/2.4), dan terakhir adalah kamera depth sensor (f/2.4) beresolusi 2 MP.

Sementara kamera depan ponsel ini dilengkapi dengan sensor beresolusi 20 MP serta aperture f/2.2). Lokasi kamera depan ini menggunakan konsep punch-hole kecil yang berada di tengah atas layar. Dengan demikian, bezel pada ponsel ini tetap tipis.

Bentuk modul kamera belakang Poco X3 NFC cukup unik karena menampilkan desain persegi panjang dengan bentuk yang melengkung di sisi kanan dan kirinya. Seluruh kamera belakang beserta lampu LED flash ponsel ini tertata dengan rapi karena diatur secara simetris. Ditambah dengan peletakan modul kamera belakang di tengah, Poco X3 NFC tampak menghadirkan daya tarik yang seimbang.

Spesifikasi lainnya

Dari sisi software, ponsel ini berjalan di atas sistem operasi Android 10. Tentu saja Poco X3 NFC dilengkapi dengan Google Mobile Services (GMS) sehingga kamu dapat mengakses seluruh aplikasi penting dari Google seperti YouTube, Gmail, PlayStore, dan sebagainya. Antarmuka yang dimiliki oleh ponsel ini adalah MIUI 12.

Sistem antarmuka buatan Xiaomi tersebut cukup praktis digunakan dan sangat memberikan pengalaman penggunaan yang baik. Contohnya jika sedang membuka kumpulan aplikasi di App Drawer, fungsi kolom pencarian aplikasi terdapat di bagian bawah layar. Ini sangat memudahkan ketika kamu ingin memulai mencari aplikasi dengan mengetik namanya. Kamu cukup menekan kolom pencarian yang sangat dekat dengan jari, ketimbang kolom pencarian yang berada di atas layar yang ada di beberapa ponsel lain.

Dari segi spesifikasi teknis, Xiaomi mempersenjatai Poco X3 NFC dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 732G. Poco X3 NFC yang digunakan dalam hands-on ini memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan internal masing-masing 8 GB dan 128 GB. Dengan konfigurasi tersebut, performa yang dihasilkan oleh ponsel ini cukup menyenangkan serta responsif.

Pantau terus Tek.id untuk mengetahui performa Poco X3 NFC lebih lanjut ketika menjalani beberapa pengujian menggunakan beberapa benchmark dan digunakan untuk bermain gim seperti PUBG Mobile. Selain itu, akan ada pula informasi seputar daya tahan baterainya ketika menjalani beberapa skenario penggunaan serta seberapa cepat ponsel ini mengisi baterai mengingat ia dilengkapi dengan fungsi fast charging 33W. Dan, tidak ketinggalan pula informasi seputar performa kameranya.

Editor
Share
×
tekid
back to top