sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 27 Sep 2022 19:50 WIB

Hands-on Acer Aspire 5 Slim dengan Intel Core Gen-12

Acer telah mengumumkan jajaran laptop terbaru mereka. Ini terdiri dari Acer Aspire 5 Slim versi reguler dan Acer Aspire 5 Slim Creator Edition.

Hands-on Acer Aspire 5 Slim dengan Intel Core Gen-12
Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Acer adalah salah satu perusahaan yang terkenal akan perangkat laptopnya. Dan pada hari ini (27/9), pabrikan asal Taiwan itu mengumumkan perangkat terbaru mereka ke pasar Indonesia, yaitu Acer Aspire 5 Slim ‘reguler’ dan Acer Aspire Creator Edition.

Acer mengklaim bahwa Aspire 5 Slim dirancang untuk memaksimalkan berbagai kebutuhan pengguna seperti belajar dan bekerja dengan dukungan performa tinggi, multitasking lancar, serta konektivitas yang cepat. Prosesor yang digunakannya adalah Intel Core generasi ke-12 yang dikombinasikan dengan pengolahan grafis Intel Iris Xe, memori DDR4 8 GB yang dapat ditambahkan, serta penggunaan SSD NVMe 512 GB.

Dalam hal konektivitas, Aspire 5 Slim dilengkapi dengan dukungan Thunderbolt 4 yang memiliki bandwidth 40 Gbps dan Wi-Fi 6E untuk mendukung kebutuhan akses yang tidak hanya cepat, tetapi juga diklaim lebih stabil dibandingkan dengan pendahulunya.

Ukuran layar Acer Aspire 5 Slim terbaru adalah 14 inci. Resolusi dari layar ini adalah Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan Acer Color Intelligence yang memungkinkan warna yang dihasilkannya terlihat cerah. Untuk bezel, ini tidak dibuat terlalu tipis. Meski demikian, bezel tersebut tidak terlalu mengganggu visual yang diberikan pada layarnya.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Aspire 5 ditenagai oleh Intel Core generasi ke-12. Prosesor ini memiliki dua pilihan, pertama adalah Intel Core 15-1235U dan pilihan prosesor kedua adalah Intel Core i7-1255U yang memiliki total 10 core (2P core + 8E Core) dan 12 threads. Kapasitas RAM 8 GB pada Aspire 5 Slim bisa ditingkatkan hingga 24 GB.

Selain Aspire 5 Slim ‘reguler’ terbaru, Acer juga mengumumkan laptop Aspire 5 Slim Creator Edition. Berbeda dengan model reguler hanya hanya memiliki 1 ukuran layar, varian Creator Edition hadir dengan dua ukuran layar, yaitu 14 inci dan 15 inci.

Untuk ukuran 14 inci, Acer Aspire 5 Slim Creator Edition memiliki kartu grafis diskrit, yaitu Nvidia GeForce MX550. Sedangkan untuk Acer Aspire 5 Slim Creator Edition dibekali dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2050 yang mendukung fitur ray tracing dan AI mutakhir.

Aspire 5 Slim Creator Edition ditenagai dengan pilihan Intel Core i5-1235U atau Intel Core i7-1255U. Konfigurasi pilihan prosesor ini mirip dengan Aspire 5 Slim versi reguler.RAM yang diberikannya adalah 8 GB yang dapat diperluas lagi. Sedangkan penyimpanan internalnya berjenis SSD NVMe dengan performa cepat yang memiliki kapasitas 512 GB.

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Kebetulan saya sempat menjajal laptop terbaru Acer dengan versi Aspire 5 Slim Creator Edition 15 inci. Tempat saya mencoba laptop ini memiliki banyak sinar matahari (masuk dari jendela atau mencoba di luar ruangan) dan tidak ada gangguan refleksi dari cahaya sekitar. Hal ini dikarenakan oleh layar Aspire 5 Slim Creator Edition menampilkan fitur anti-glare atau anti pantulan cahaya. Sebagai informasi, kecerahan layar dari laptop tersebut adalah 250 nit.

Ketika membuka laptop ini dari keadaan tertutup sepenuhnya, saya hanya cukup menggunakan satu jari dan bagian bawah laptop tidak ikut terangkat. Saat layar laptop terbuka hampir keseluruhan, bagian bawah agak sedikit terangkat sehingga keyboard menjadi agak berorientasi diagonal. Acer menyebutnya ini sebagai Elevated Design sehingga mengakses keyboard menjadi lebih mudah dilakukan. Saya pun ingin mengetahui kecepatan laptop dari keadaan mati hingga menyala. Laptop ini hanya membutuhkan waktu sekitar 14 detik. Kecepatan start-up ini kemungkinan besar berkat SSD yang dimilikinya.

Ventilasi pendingin laptop ini terdapat pula pada bagian atas keyboard (dekat dengan layar). Desain pendingin ini dinamai Air Inlet Keyboard yang dikatakan dapat meningkatkan performa termal dan mengeluarkan sekitar 8-10% lebih banyak udara panas, dibandingkan dengan keyboard tanpa saluran udara masuk.

Ukuran touchpad-nya terbilang besar, sehingga dapat diakses menggunakan ibu jari ketika jari yang lain sedang menggunakan keyboard. Pada sudut kiri atas, terdapat sensor sidik jari demi keamanan tambahan. Tidak ketinggalan pula backlight pada keyboard, tetapi tingkat kecerahannya tidak dapat diatur, hanya dapat diaktifkan atau dimatikan.

Saya menyempatkan diri untuk menjalankan beberapa benchmark. Benchmark pertama adalah Cinebench R23. Pada pengujian Multi Core, Aspire 5 Slim Creator Edition mampu meraih skor sebanyak 5479 poin. Sayangnya karena keterbatasan waktu, saya tidak sempat menjajal pengujian Single Core. Selain itu, laptop ini juga diuji dengan menjalankan 3DMark Wild Life, yang berhasil mengumpulkan skor sebanyak 15613.

Berikut adalah harga untuk laptop Acer Aspire 5 Slim:

- Prosesor Intel i5 dengan grafis terintegrasi = Rp10.399.000

- Prosesor Intel i5 dengan grafis MX550 = Rp11.799.000

- Prosesor Intel i7 dengan grafis terintegrasi = Rp12.399.000

- Prosesor Intel i7 dengan grafis MX550 = Rp13.799.000

- Prosesor Intel i5 dengan grafis RTX2050 = 13.499.000

Share
×
tekid
back to top