Half-Life: Alyx buat penggunaan headset VR meningkat drastis
Dalam sebuah pengamatan terbaru, pengguna headset VR di Steam setelah Half-Life: Alyx resmi diluncurkan mencapai hampir 950 ribu pengguna.
Half Life Alyx.
Selama beberapa tahun ini, penjualan perangkat headset Virtual Reality (VR) memang mengalami peningkatan. Namun, jumlah yang berhasil dijual ternyata masih jauh dari ekspektasi banyak orang.
Hal ini kemungkinan besar dikarenakan gim yang ada di pasaran kurang menarik bagi para gamer. Dan benar saja, semenjak Valve merilis gim terbaru mereka, yakni Half-Life: Alyx, beberapa pihak mengklaim melihat lonjakan pembelian headset VR dengan cukup drastis.
Salah satu yang mengklaim lonjakan pengguna tersebut adalah Road to VR. mereka menggunakan data historis dan data Valve secara langsung untuk menghitung lonjakan penggunaan tersebut.
Engadget (4/5/2020) mengatakan, mereka mengklaim adanya jumlah pengguna headset VR hampir mencapai 950.000 pengguna pada April lalu. Jumlah ini merupakan sebuah lonjakan besar jika dibandingkan dengan data di bulan Maret.
- RRQx7SINS Siap Angkat Nama Indonesia di Delta Force Invitational Warfare 2025
- GOGOGO School Championship Buka Peluang Pelajar SMA Masuk Ekosistem Esport Nasional Lewat Game MLBB
- Ini Deretan Game Indie Baru di Akhir Tahun, Marvel Cosmic Invasion hingga Game Horor Routine
- EA Tidak Rilis Game F1 26 Tahun Depan, Fokus pada Ekspansi Besar F1 25 untuk Musim 2026
Meski demikian, Steam tidak mengatakan berapa banyak pengguna headset VR baru selama 1 bulan terakhir. Namun, cukup jelas bahwa Alyx mendorong percepatan adopsi SteamVR pada level yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Data ini juga memberikan beberapa wawasan tentang headset apa yang digunakan gamer untuk bermain. Saat ini, perangkat yang paling yang memiliki peningkatan penggunaan terbesar adalah Oculus Quest. Sebagian untuk pangsa pasar, Oculus masih mendominasi dengan 44,6 persen, disusul dengan HTC dengan pangsa pasar sebesar 30,3 persen.
Meskipun Half-Life: Alyx bisa membantu mengembangkan game VR, data masih menunjukkan bahwa Steam masih punya jalan yang sangat panjang untuk bisa “berkontribusi besar” dalam gim VR. Hal ini dikarenakan dari 2,7 juta headset yang terhubung, hanya 1,9 persen pengguna Steam saja memiliki headset VR.








