sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 16 Jun 2020 12:35 WIB

Hacker bisa menguping pembicaraan dari bola lampu

Peretasan dari boala lampu diprediksi akan menjadi metode baru yang akan sering dilakukan. Ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Hacker bisa menguping pembicaraan dari bola lampu
Source: Google

Semakin majunya teknologi, metode peretasan juga ikut berkembang. Bahkan kabarnya, para peretas sudah berhasil menemukan cara peretas dengan cara metode terbaru. Kabarnya, hacker mampu mencuri dengar percakapan orang lain dengan mengandalkan bola lampu biasa. 

Beberapa peneliti dari universitas Ben-Gurion dan Institut Weizmann menemukan cara bahwa dengan menggunakan sensor elektro optikal di teleskop, peretas dapat mendengarkan percakapan orang lain. Caranya adalah dengan mengarahkan teleskop itu ke bola lampu di sebuah ruangan di mana sebuah percakapan dilakukan. 

Dilansir dari Ubergizmo (16/6), pada dasarnya suara berbentuk gelombang yang dihasilkan dari getaran. Gelombang ini memang tidak terlihat dengan mata telanjang, namun dengan peralatan yang tepat, hacker dapat mengubah getaran tersebut menjadi suara melalui converter analog-digital. 

Tentu saja, proses ini sebenarnya lebih rumit dari pada apa yang diperkirakan. Namun secara teori, hal itu dapat saja dilakukan walaupun tidak mudah untuk mewujudkannya. Pasalnya, hal ini tergantung pada ketebalan kaca pada bola lampu tersebut dan tingkat kecerahannya. 

Tidak hanya itu, perlu diperhitungkan juga beberapa halangan yang mungkin terdapat di sepanjang jalur teleskop dengan bola lampu. Misalnya, tembok, tirai atau bahkan tutup lampu. Pasalnya beberapa benda akan dapat menghalangi getaran dengan cukup signifikan. Tidak hanya itu, peretas juga harus berada cukup dekat dengan target agar metode ini berhasil. 

Share
×
tekid
back to top