sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 14 Sep 2022 18:05 WIB

Handheld gaming Windows ini diperkuat oleh AMD Ryzen 7 6800U

GPD Win 4 handheld gaming telah resmi diumumkan. Perangkat gaming berukuran ringkas ini dilengkapi dengan prosesor Ryzen 7 6800U dan SSD lega.

Handheld gaming Windows ini diperkuat oleh AMD Ryzen 7 6800U
Sumber: GPD via Gizmochina

Perusahaan rintisan (startup) teknologi elektronik konsumen yang berbasis di Shenzhen, GDP telah mengumumkan GPD Win 4 yang merupakan sebuat perangkat handheld gaming Windows generasi berikutnya. Sebagai informasi, GDP sebelumnya sudah meluncurkan produk handheld gaming pendahulunya seperti GPD Win 3 dan GPD XP. Sekarang, GPD Win 4 diperkuat dengan prosesor AMD Ryzen 7 6800U kelas atas dan penyimpanan NVME SSD hingga 2 TB.

Perangkat handheld gaming ini berjalan pada antarmuka pengguna GPD Playnite UI dengan basis sistem operasi Windows. Hal ini dilakukan agar navigasi yang lebih baik di seluruh form factor yang lebih kecil. Dilansir dari Gizmochina (14/9), perangkat anyar ini memiliki layar beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan ukuran 6 inci. Aspect ratio yang diusungnya adalah 16:9. Namun, tidak diketahui teknologi layar apa yang digunakan GPD untuk Win 4.

Untuk performa, GPD Win 4 menyematkan AMD Ryzen 7 6800U serta GPU terintegrasi Radeon 680M untuk grafis yang lebih baik saat bermain gim saat bepergian. Jika grafis khusus onboard tidak cukup, pengguna juga tidak perlu kecewa karena GPD Win 4 juga menyertakan dukungan eGPU pada port USB-C yang dimilikinya. Ini memungkinkan pengalaman gim yang lebih intensif dalam hal grafis.

GPD Win 4 tersedia dengan RAM LPDDR5 16 GB atau 32 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal, pengguna dapat memilih opsi SSD PCIe NVME 1 TB atau 2 TB. Bobot pada perangkat ini sekitar 500 gram, dan dibuat dari sasis polikarbonat matte.

Desain keseluruhan perangkat handheld ini tampaknya mengambil inspirasi dari Sony PlayStation Portable (PSP) dengan sisi melengkung yang unik bersama dengan tombol kontrol yang tampak serupa juga. Konsol ini juga memiliki keyboard yang terlihat ketika pengguna menggeser layar ke atas. Terdapat pula akses “optical finger navigation”, yang pada dasarnya adalah touchpad dengan ukuran lebih kecil.

Perangkat tersebut dilengkapi dengan 1 port USB, satu di atas dan satu di bawah. Tidak ketinggalan pula dukungan Wi-Fi dan Internet 4G LTE untuk memungkinkan pengguna bermain gim di mana saja dan kapan saja. GPD Win 4 akan tersedia untuk dijual dalam pilihan warna Silver White dan Black. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harganya.

Share
×
tekid
back to top