Google uji simpan file secara offline di Drive

Google dikabarkan tengah menguji mode baru di Drive yang akan memungkinkan penghuna menyimpan semua jenis dokumen secara offline.

Google Drive cukup lama membantu pengguna menyimpan dokumen secara online. Melalui layanan ini, pengguna bisa mengakses dokumen dari berbagai perangkat mulai dari smartphone hingga laptop. Namun, layanan ini sangat bergantung pada konektivitas internet. Tanpa internet, Anda tak bisa dengan mudah mengakses dokumen Anda yang disimpan di Google Drive.

Kabar baiknya, Google dikabarkan tengah menguji mode baru di Drive yang akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua jenis dokumen secara offline. Dilansir Techradar, Google memungkinkan pengguna menyimpan dokumen yang dibuat dengan Documents, Slide, dan Calc secara lokal. Namun kini kemampuan itu diperluas untuk format PDF, dokumen Word dan dokumen apa pun yang pengguna inginkan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google bentuk aliansi untuk menghalau aplikasi berbahaya di Android

4 fitur Google Maps yang harus kamu tahu

Google akuisisi Fitbit senilai Rp29 triliun


Fitur baru ini akan dirancang di Google Chrome. Dengan begitu, fitur serupa tak bisa pengguna dapatkan melalui browser yang lain. Untuk mendapatkan fitur ini, pengguna harus mengaktifkan mode offline di pengaturan Google Drive dan Documents, kemudian masuk dengan menginput identitas akun. Belum diketahui kapan fitur serupa diterapkan di browser lainnya.

Preview penyimpanan offline juga saat ini hanya tersedia untuk perusahaan yang menggunakan G Suite, bukan pada pengguna yang masing-masing memakai akun Google. Artinya, tidak setiap pemilik akun Google, bisa menjajal fitur ini.

Jika Anda menjadi salah satu admin G Suite, Anda bisa mendaftar untuk ikut serta dalam pengujian versi beta. Bagi pengguna lainnya, Anda harus menunggu agak lama karena biasanya fitur di G Suite perlahan dirilis bagi seluruh pengguna yang memiliki akun Google.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Google