sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 25 Jun 2021 14:10 WIB

Google tingkatkan keamanan, fitur tautan publik Drive dan YouTube tidak akan berfungsi

perubahan fitur tautan ini menjadi bagian dari peningkatan sistem keamanan Google, dengan mengharuskan log in atau masuk pada akun googlenya terlebih dahulu.

Google tingkatkan keamanan, fitur tautan publik  Drive dan YouTube tidak akan berfungsi

Google melakukan perubahan pada fitur tautan publik di Drive dan YouTube. Jadi, fitur tautan (yang berisi file atau konten), yang dapat diatur untuk secara langsung dibagikan ke semua orang, dari Google Drive dan YouTube, akan berhenti berfungsi dengan alasan peningkatan keamanan. 

Dilansir dar The Verge (24/6), perubahan fitur tautan ini menjadi bagian dari peningkatan sistem keamanan Google. Di YouTube, fitur tautan yang baru, membuat konten yang dibagikan akan sulit diakses semua orang, tanpa diberi izin untuk mengakses oleh pemilik tautan secara langsung. 

Fitur tautan yang baru juga memiliki pengaruh untuk mengikat orang lain dengan mengharuskan log in atau masuk pada akun googlenya terlebih dahulu ketika hendak melihat suatu konten dari tautan. Ini akan memungkinkan untuk mempermudah pelacakan profil setiap pengguna.

Di YouTube, perubahan fitur tautan juga  akan memengaruhi semua konten video yang bersifat publik yang tertanda sebagai Unlisted atau tidak terdaftar. Video-video pengguna itu yang diunggah sebelum 2017 akan diubah statusnya menjadi konten pribadi mulai 23 Juli mendatang. Video yang berstatus konten pribadi itu akan secara otomatis mematikan fitur tautan publik. Apabila pengguna tetap membagikan video itu melalui tautan, maka video tersebut tidak dapat dilihat, termasuk kolom komentarnya. Fitur tautan yang baru juga akan membatasi akses pada video yang berstatus konten pribadi, hingga maksimum 50 orang yang dapat mengaksesnya, dan semuanya akan memerlukan akun Google untuk melihatnya.

Fitur tautan publik di Google Drive juga mengalami hal serupa. Perubahan fitur tautan ini menyebabkan pengguna membutuhkan kunci password untuk dapat mengakses setiap file yang dibagikan melalui tautan di Google Drive. Jadi, tidak semua orang yang dapat mengakses file dari tautan Google Drive. Pengguna juga perlu log in akun google terlebih dahulu untuk dapat membuka tautan yang berisi file.  Jika pengguna telah dapat mengakses file dari tautan itu maka ia akan terus memiliki akses ke file tersebut.

Share
×
tekid
back to top